3 Peran Indonesia dalam Bidang Politik di ASEAN

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
20 Februari 2024 19:54 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tuliskan tiga peran indonesia dalam bidang politik di asean - Sumber: pixabay.com/nguyenthuantien
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tuliskan tiga peran indonesia dalam bidang politik di asean - Sumber: pixabay.com/nguyenthuantien
ADVERTISEMENT
Jika diminta untuk tuliskan tiga peran Indonesia dalam bidang politik di ASEAN, hal pertama yang perlu dipahami adalah posisi Indonesia dalam ASEAN. Indonesia memiliki komitmen yang kuat terhadap integrasi regional di Asia Tenggara.
ADVERTISEMENT
Indonesia secara aktif mendukung upaya untuk memperkuat hubungan ekonomi, politik, dan sosial antara negara-negara ASEAN. Termasuk juga aktif mempromosikan solidaritas dan berbagai bentuk kerja sama di kawasan.

Tuliskan Tiga Peran Indonesia dalam Bidang Politik di ASEAN!

Ilustrasi tuliskan tiga peran indonesia dalam bidang politik di asean - Sumber: pixabay.com/mufidpwt
Dalam bidang politik, Indonesia seringkali berperan sebagai mediator dan penengah dalam menyelesaikan konflik atau perbedaan. Khususnya yang terjadi di antara negara-negara anggota ASEAN.
Dengan posisinya yang netral dan dihormati di kawasan Asia Tenggara, Indonesia memiliki kemampuan untuk memfasilitasi dialog tersebut. Masih ditambah dengan seringnya membantu proses mediasi ketegangan antara negara-negara ASEAN.
Untuk menjawab pertanyaan tuliskan tiga peran Indonesia dalam bidang politik di ASEAN, berikut adalah penjelasannya.

1. Sebagai Penggagas Berdirinya Organisasi ASEAN

Pada 8 Agustus 1967, Indonesia dengan empat negara lainnya (Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina) memulai Deklarasi Bangkok, yang menjadi landasan berdirinya ASEAN. Peran Indonesia ini memperkuat kerja sama regional di Asia Tenggara.
ADVERTISEMENT

2. Mengirim Pasukan Perdamaian PBB

Indonesia turut serta secara aktif dalam menjaga perdamaian dunia melalui pengiriman pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Kontingen militer Indonesia, yaitu Kontingen Garuda, berperan dalam United Nations Transitional Authority in Cambodia (UNTAC).

3. Advokat Kebijakan Luar Negeri untuk ASEAN

Indonesia memperjuangkan kebijakan luar negeri ASEAN yang kohesif dan berdasarkan prinsip-prinsip keamanan serta dialog dan konsensus. Melalui partisipasi aktifnya dalam forum-forum regional dan internasional, Indonesia berupaya untuk memperkuat peran ASEAN dalam membangun perdamaian di kawasan Asia Tenggara.
Berdasarkan buku Inti Materi IPS SMA/MA 10, 11, 12, Tim Maestro Genta, (2020), Indonesia menggunakan posisinya dalam ASEAN untuk memperjuangkan isu-isu regional dan global yang penting bagi negara dan kawasan.
ADVERTISEMENT
Mulai dari isu-isu keamanan, perdamaian, hak asasi manusia, pembangunan berkelanjutan, dan politik. Inilah yang menjadi jawaban atas pertanyaan tuliskan tiga peran Indonesia dalam bidang politik di ASEAN. (DNR)