3 Solusi Mengatasi Pemanasan Global di Dunia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
6 Maret 2024 19:23 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Solusi mengatasi pemanasan global. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Solusi mengatasi pemanasan global. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pemanasan global menjadi salah satu isu lingkungan paling mendesak yang dihadapi dunia saat ini. Dalam menghadapi tantangan ini, diperlukan beberapa solusi mengatasi pemanasan global agar tidak menyebabkan dampak terlalu parah di dunia.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut dilakukan agar dapat mengurangi peningkatan suhu rata-rata global yang menyebabkan perubahan iklim yang signifikan, termasuk kenaikan permukaan air laut, cuaca ekstrem, dan hilangnya habitat satwa liar.

Solusi Mengatasi Pemanasan Global

Solusi mengatasi pemanasan global. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Guduru Ajay bhargav
Mengutip dari buku Pemanasan Global dan Perubahan Iklim, Bayu Sapta Hari, (2019), ada beberapa usaha untuk mengurangi pemanasan global, seperti melakukan penanaman pohon dan mengurangi emisi karbon.
Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai solusi mengatasi pemanasan global, akan dijelaskan di bawah ini.

1. Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Langkah pertama yang dapat diambil dalam mengatasi pemanasan global adalah dengan mengurangi emisi gas rumah kaca. Hal ini dapat dicapai melalui berbagai tindakan, seperti beralih ke sumber energi terbarukan seperti matahari, angin, dan air untuk menggantikan bahan bakar fosil.
ADVERTISEMENT
Selain itu, peningkatan efisiensi energi dalam berbagai sektor juga sangat penting, termasuk transportasi, industri, dan rumah tangga. Peraturan dan kebijakan yang mendukung penggunaan energi terbarukan dan mengurangi emisi juga harus diterapkan secara luas untuk mencapai target pengurangan emisi.

2. Melestarikan Hutan

Hutan memiliki peran penting dalam menyerap karbon dioksida dari atmosfer, sehingga pelestariannya menjadi kunci dalam mengurangi pemanasan global. Upaya untuk mencegah deforestasi, melakukan reboisasi, dan mengelola hutan secara berkelanjutan harus diperkuat secara global.
Negara-negara juga harus bekerja sama untuk mendukung inisiatif pelestarian hutan dan memberikan insentif bagi praktek kehutanan yang berkelanjutan.

3. Mengembangkan Teknologi Ramah Lingkungan

Pengembangan teknologi ramah lingkungan juga menjadi salah satu solusi penting dalam mengatasi pemanasan global.
Teknologi untuk menangkap dan menyimpan karbon, energi terbarukan, dan transportasi ramah lingkungan harus didorong melalui investasi dalam riset dan pengembangan serta insentif kebijakan yang sesuai.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa solusi mengatasi pemanasan global yang ada di dunia. Dengan beberapa Tindakan tersebut, orang-orang dapat bersama-sama mengatasi pemanasan global dan melindungi bumi untuk generasi mendatang. (RIZ)