Konten dari Pengguna

4 Cara Menyeberang Jalan Raya dengan Aman dan Benar

Berita Terkini
Penulis kumparan
2 Januari 2024 17:55 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara menyeberang jalan raya dengan aman. Sumber: pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Cara menyeberang jalan raya dengan aman. Sumber: pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tata cara menyeberang jalan raya dengan aman dan benar adalah informasi yang penting untuk diketahui setiap individu. Hal ini karena masih banyak masyarakat Indonesia yang menyeberang jalan dengan cara yang salah.
ADVERTISEMENT
Akibatnya, risiko terjadi kecelakaan lalu lintas pun jadi lebih tinggi. Padahal sebenarnya hal ini bisa dicegah dengan memahami peraturan menyeberang dengan baik sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Tata Cara Menyeberang Jalan Raya dengan Aman

Cara menyeberang jalan raya dengan aman. Sumber: pexels.com
Berikut ini adalah tata cara menyeberang jalan raya dengan aman dan benar yang wajib ditaati oleh masyarakat.

1. Menggunakan Zebra Cross

Mengutip dari buku Pejalan Kaki: Riwayatmu Dulu dan Kini, Lasmini Ambarwati, Amelia Kusuma Indriastuti, dan Nindya Sari (2018:11), zebra cross merupakan tipe penyeberangan yang tertua dan relatif murah untuk disediakan. Area ini ditandai dengan cat hitam dan putih strip melewati jalan.
Ketika menyeberang di jalan raya, diwajibkan untuk menyeberang di zebra cross. Adapun zebra cross ini termasuk fasilitas umum yang telah disediakan oleh pemerintah sebagai penyeberangan jalan.
ADVERTISEMENT

2. Menggunakan Jembatan Penyeberangan

Beberapa kota besar di Indonesia juga menyediakan jembatan penyeberangan yang bisa digunakan oleh pejalan kaki untuk menyeberang jalan. Jembatan ini tentu bisa menjadi pilihan yang lebih aman dibanding menggunakan zebra cross. Namun, pejalan kaki tetap harus berhati-hati saat menaiki anak tangga.

3. Memperhatikan Kondisi Jalan Raya

Selanjutnya, pejalan kaki juga perlu memperhatikan kondisi jalan raya ketika akan menyeberang. Biasanya, di dekat zebra cross terdapat rambu yang menunjukkan kapan pejalan kaki harus mulai jalan dan kapan harus menunggu.

4. Selalu Melihat Kedua Arah Sebelum Menyeberang

Ketika akan menyeberang, sangat penting bagi pejalan kaki untuk melihat kedua arah terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memberi informasi penting tentang kondisi lalu lintas di jalan. Dengan begitu, pejalan kaki dapat mengetahui apakah ada kendaraan yang datang dari arah berlawanan atau dari samping.
ADVERTISEMENT
Selain itu, jangan menyeberang secara tiba-tiba di tengah jalan atau dari belakang kendaraan yang sedang berhenti. Sebab, hal ini akan sangat berbahaya bagi diri sendiri maupun pengendara lain.
Demikian beberapa cara menyeberang jalan raya dengan aman dan benar yang penting untuk diketahui oleh semua orang. Jangan lupa menerapkannya saat akan menyeberang jalan, ya. (Anne)