4 Manfaat Mandi Air Garam untuk Kesehatan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
2 Mei 2024 17:04 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Manfaat Mandi Air Garam. Sumber: Pexels/Quang Nguyen Vinh
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Manfaat Mandi Air Garam. Sumber: Pexels/Quang Nguyen Vinh
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mandi air garam. Apa manfaat mandi air garam?
ADVERTISEMENT
Mandi menggunakan air garam dapat membantu merawat kesehatan kulit. Selain itu, masih banyak manfaat lainnya untuk kesehatan jika rutin mandi menggunakan air garam.

Ketahui Manfaat Mandi Air Garam untuk Kesehatan

Ilustrasi Manfaat Mandi Air Garam. Sumber: Pexels/Quang Nguyen Vinh
Garam adalah salah satu bumbu yang ada di dapur. Dikutip dari buku Potensi Produksi Garam di Wilayah Pesisir Yogyakarta, Marfai, (2023), garam adalah suatu zat yang dihasilkan dari perpaduan senyawa chloride (Cl) dan sodium Na) yang biasanya dapat larut oleh air.
Garam biasanya digunakan untuk memberikan rasa asin pada makanan. Namun, ternyata garam juga memiliki fungsi lainnya.
Masyarakat dapat menggunakan garam ketika mandi. Mandi dengan air garam, terutama garam laut dan epsom dipercaya dapat memberikan khasiat untuk tubuh. Apa saja khasiat atau manfaat mandi air garam untuk kesehatan?
ADVERTISEMENT

1. Membantu Merawat Kulit

Manfaat mandi dengan air garam yang pertama adalah dapat membantu merawat kesehatan kulit. Masyarakat dapat mandi air garam epsom atau garam laut untuk menjaga kesehatan kulit dari luar.
Garam epsom dapat digunakan untuk eksfoliasi alami. Fungsinya adalah meredakan gatal, membantu mengembalikan kulit yang menegang, hingga menenangkan kulit.

2. Dapat Memberikan Asupan Magnesium

Manfaat mandi air garam yang kedua adalah dapat memberikan asupan magnesium. Garam epsom mengandung magnesium. Mandi menggunakan air garam epsom dapat menstabilkan kadar mineral pada tubuh selama masa kehamilan.

3. Meredakan Nyeri

Mandi dengan air garam epsom atau garam laut dipercaya dapat meredakan nyeri. Hal itu karena air garam yang mengandung sulfat dan magnesium dapat membantu otot tangan dan kaki lebih rileks. Sehingga air garam ampuh untuk mengurangi kram atau nyeri pada otot dan ligamen bundar.
ADVERTISEMENT

4. Menurunkan Resiko Terjadinya Preeklampsia

Mandi dengan menggunakan air garam juga ternyata dapat menurunkan resiko terjadinya preeklampsia atau pembengkakan pada ibu hamil. Hal ini karena adanya kandungan magnesium dan sulfat yang mampu mengurasi risiko hingga lebih dari lima belas persen.
Apa saja manfaat mandi air garam untuk kesehatan? Manfaatnya adalah membantu merawat kulit, mengurangi risiko preeklampsia, meredakan nyeri, dan masih banyak lagi. Semoga penjelasan tadi dapat menambah wawasan ya. (FAR)