4 Penyebab Runtuhnya Kerajaan Islam Banten

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
22 Maret 2023 17:01 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jelaskan 4 penyebab runtuhnya Kerajaan Islam Banten. Sumber: www.unsplash.com.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jelaskan 4 penyebab runtuhnya Kerajaan Islam Banten. Sumber: www.unsplash.com.
ADVERTISEMENT
Jelaskan 4 penyebab runtuhnya Kerajaan Islam Banten! Menurut sejarah, Kerajaan Islam Banten atau Kasultanan Banten pernah mengalami masa kejayaan di bawah kepemimpinan Sultan Ageng Tirtayasa. Banten berhasil melakukan ekspansi hingga Sumatera serta menguasai Pelabuhan Banten dan Sunda Kelapa.
ADVERTISEMENT
Namun kejayaan Kerajaan Islam Banten tersebut akhirnya memudar lalu runtuh. Sejarah Kerajaan Islam Banten sangat menarik untuk disimak karena sebagian penyebab keruntuhan tersebut justru berasal dari dalam keluarga kerajaan sendiri.

Jelaskan 4 Penyebab Runtuhnya Kerajaan Islam Banten

Sejarah keruntuhan Kerajaan Banten memiliki latar belakang yang menarik. Berikut 4 penyebab runtuhnya Kerajaan Islam Banten:

1. Konflik Internal

Dalam buku Sandyakala Kejayaan dan Kemashyuran Kerajaan Nusantara (2018) yang ditulis oleh Joko Darmawandan dan Rita Wigira Astuti diceritakan bahwa campur tangan VOC dalam urusan rumah tangga Kerajaan Banten membuat Sultan Ageng Tirtayasa murka. Namun masuknya pengaruh VOC yang dipimpin Kapten Francois Tack ternyata dibawa oleh Pangeran Gusti.
Puncak konflik berupa penyerangan Tirtayasa ke Pendopo Pangeran Gusti. Perang saudara pecah selama 3 tahun hingga Sultan Ageng Tirtayasa menyerah pada tahun 1672.
ADVERTISEMENT

2. Pelemahan Kekuasaan Kerajaan

Pangeran Gusti menggantikan kedudukan Sultan Ageng Tirtayasa dengan gelar Sultan Abdul Nasr Abdul Kahar yang memerintah pada tahun 1672–1687 M. Sultan yang baru ini hanya menjadi boneka penjajahan Belanda.

3. Pemberontakan

Pemberontakan terus terjadi setelah Pangeran Gusti turun tahta. Konflik diperuncing oleh aturan bahwa semua sultan yang diangkat harus mendapat persetujuan VOC.
Sultan Banten kala itu lalu meminta bantuan VOC untuk menangani berbagai pemberotakan. Permintaan bantuan kepada VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie) tersebut secara tak resmi menjadikan Banten sebagai wilayah kekuasaan Hindia Belanda (vasal) pada tahun 1752.

4. Pergantian Penjajah

Kerajaan Islam Banten benar-benar runtuh setelah dihapus oleh Thomas Stamford Raffles pada tahun 1813, yaitu ketika Banten dipimpin oleh Sultan Rafiuddin. Raffles adalah pemimpin penjajahan Inggris di Jawa setelah mendapat peralihan kekuasaan dari Belanda yang dipimpin oleh Daendels.
ADVERTISEMENT

Kesimpulan Penyebab Runtuhnya Kerajaan Islam Banten

Ilustrasi jelaskan 4 penyebab runtuhnya Kerajaan Islam Banten. Sumber: www.unsplash.com.
Dari pembahasan tentang penyebab runtuhnya Kerajaan Islam Banten dapat di bagi menjadi 2, yaitu:
Pemaparan diatas telah jelaskan 4 penyebab runtuhnya Kerajaan Islam Banten. Pelajaran yang dapat diambil adalah tanpa persatuan dan kesatuan, sebuah kerajaan atau negara yang berjaya sekalipun akan runtuh. (LUS)