4 Rekomendasi Film Bertema Lebaran 2024 untuk Mengisi Waktu Liburan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
10 April 2024 17:36 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi untuk Rekomendasi Film Bertema Lebaran 2024. Sumber: Unsplash/Juan Ordonez
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi untuk Rekomendasi Film Bertema Lebaran 2024. Sumber: Unsplash/Juan Ordonez
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Libur Lebaran adalah saat yang tepat untuk bersantai, bersilaturahmi, atau mengunjungi objek wisata. Bagi yang berencana menghabiskan waktu libur di rumah, ada banyak rekomendasi film bertema Lebaran 2024 untuk mengisi waktu luang.
ADVERTISEMENT
Agar lebih sesuai dengan momennya, tidak ada salahnya memilih film bertema Lebaran untuk dinikmati bersama keluarga. Hal ini dapat mempererat hubungan antar keluarga itu sendiri.

Rekomendasi Film Bertema Lebaran 2024 untuk Ditonton Bersama Keluarga

Ilustrasi untuk Rekomendasi Film Bertema Lebaran 2024. Sumber: Unsplash/Glenn Carstens-Peters
Libur Lebaran merupakan waktu yang tepat untuk dihabiskan bersama keluarga atau orang-orang terdekat. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan, salah satunya adalah dengan nonton film.
Dikutip dari 5 Hari Mahir Bikin Film, Javandalasta (2021:1), film adalah rangkaian gambar bergerak yang membentuk suatu cerita. Supaya tidak bingung film apa yang harus ditonton, berikut adalah rekomendasi film bertema Lebaran 2024.

1. Mudik

Mudik merupakan film yang mendapatkan banyak penghargaan dan nominasi. Film ini bercerita tentang sepasang suami istri bernama Firman dan Aida yang mudik ke kampung halaman. Suami istri ini memiliki konflik dan berharap bisa mendapatkan solusi untuk masalah rumah tangga mereka.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, mereka mengalami kecelakaan di tengah perjalanan. Rencana mudik mereka kacau karena mereka harus menemui istri korban dan tinggal sementara di kampung korban.

2. Di Bulan Suci Ini

Rekomendasi film selanjutnya adalah Di Bulan Suci Ini. Film ini berkisah tentang keluarga Jawa dan Tionghoa yang pergi bersama ke Banyuwangi dengan tujuan merayakan Idulfitri dan Ceng Beng.
Film ini mengajak penontonnya untuk lebih mengenal dua tradisi yang berbeda. Meskipun berbeda, dua perayaan tersebut bisa dipertemukan dalam alur yang seru.

3. Pulanglah

Pulanglah merupakan film yang mengangkat tema mudik Lebaran. Film ini mengisahkan Rio, seorang barista yang sudah lama tidak mudik ke kampung halamannya. Saat menjelang Lebaran, Rio merasa tergerak untuk mudik demi bertemu dengan ibu dan adiknya.

4. Mencari Hilal

Mencari Hilal merupakan film yang bercerita tentang hubungan antara ayah dan anak yang bernama Mahmud dan Heli. Ayah dan anak ini kerap memiliki perbedaan pendapat. Sang ayah merasa tidak setuju dengan anggaran mencari hilal dan sidang isbat yang menurutnya tidak masuk akal.
ADVERTISEMENT
Mahmud merasa kegiatan keagamaan tidak perlu menghabiskan dana besar. Mahmud juga ingin datang ke Kementerian Agama untuk menunjukkan cara mencari hilal dengan cara tradisional. Keinginan Mahmud ini ditentang oleh anak-anaknya.
Itulah beberapa rekomendasi film bertema Lebaran 2024 untuk mengisi waktu libur Lebaran. Akan lebih seru jika menikmati film ini bersama keluarga atau orang-orang terdekat. (KRIS)