Konten dari Pengguna

4 Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Berita Terkini
Penulis kumparan
29 April 2024 20:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tuliskan Teknik Dasar Permainan Bola Voli. Sumber Unsplash/Jannes Glas
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tuliskan Teknik Dasar Permainan Bola Voli. Sumber Unsplash/Jannes Glas
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tuliskan teknik dasar permainan bola voli! Siswa kelas 9 ditugaskan menjawab soal PJOK ini dengan benar.
ADVERTISEMENT
Permainan bola voli adalah permainan yang terdiri dari 2 regu, dengan masing-masing regu beranggotakan 6 orang. Tiap regu dibatasi net, dengan ukuran lapangan panjang 18 meter dan lebar 9 meter.

Tuliskan Teknik Dasar Permainan Bola Voli! Simak Jawaban yang Benar

Ilustrasi Tuliskan Teknik Dasar Permainan Bola Voli. Sumber Unsplash/Vince Fleming
Dalam permainan bola voli, terdapat bermacam-macam teknik yang digunakan. Berdasarkan buku Permainan Bola Voli Berbasis Sport Science, Angga Indra Kusuma (2022:13), berikut adalah jawaban benar untuk perintah soal tuliskan teknik dasar permainan bola voli.

1. Servis

Servis adalah pukulan pertama yang dilakukan dari garis belakang akhir lapangan permainan, melampaui net ke daerah lawan. Servis menjadi tanda dimulainya permainan, dan serangan pertama kali ke suatu regu.
Pukulan servis dilakukan pada permulaan permainan, dan setelah terjadinya setiap kesalahan. Servis penting, karena pukulannya berperan besar untuk memperoleh poin.
ADVERTISEMENT

2. Passing

Passing adalah usaha untuk mengoper bola kepada teman satu tim menggunakan satu atau dua tangan. Dalam permainan bola voli, passing dapat dilakukan dengan cara passing bawah dan passing atas.
Passing dianggap sebagai langkah awal untuk menyusun pola serangan kepada tim lawan. Passing seorang pemain haruslah akurat, agar memperoleh strategi penyerangan yang baik pula.

3. Blocking

Blocking merupakan benteng pertahanan yang utama untuk menangkis serangan lawan. Keberhasilannya ditentukan oleh ketinggian loncatan dan jangkauan tangan pada bola yang sedang dipukul lawan.
Blocking dapat dilakukan oleh satu, dua, dan tiga pemain. Teknik blocking dapat dilakukan dengan pergerakan tangan aktif ke kanan maupun ke kiri.

4. Smash

Smash adalah pukulan bola yang keras dari atas ke bawah, dengan jalannya bola menukik tajam. Smash merupakan pukulan yang utama dalam penyerangan untuk usaha mencapai kemenangan.
ADVERTISEMENT
Pukulan keras atau smash, dan disebut juga spike, merupakan bentuk serangan yang paling banyak dipergunakan untuk memperoleh nilai tim. Pukulan smash memiliki banyak variasi berdasarkan strategi yang digunakan.
Tuliskan teknik dasar permainan bola voli! Terdapat 4 teknik dasar yang digunakan dalam permainan bola voli, yaitu servis, passing, blocking, dan smash.(DK)