5 Alasan Mengapa Jepang Memberikan Janji Kemerdekaan kepada Indonesia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
30 Mei 2024 17:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Mengapa Jepang Memberikan Janji Kemerdekaan kepada Indonesia, sumber: unsplash/Nadia
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mengapa Jepang Memberikan Janji Kemerdekaan kepada Indonesia, sumber: unsplash/Nadia
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mengapa Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia? Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, mengingat Jepang adalah negara yang terlibat konflik internasional pada masa itu.
ADVERTISEMENT
Berawal dari pengeboman Pearl Harbour yang dilakukan oleh Jepang pada 7 Desember 1941. Peristiwa tersebut membuat Amerika Serikat dan negara Sekutu lainya menyatakan perang. Hingga membuat Jepang harus memutar otak untuk menghadapi peperangan.

Mengapa Jepang Memberikan Janji Kemerdekaan kepada Indonesia

Ilustrasi Mengapa Jepang Memberikan Janji Kemerdekaan kepada Indonesia, sumber: unsplash/MufidMajnun
Mengapa Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia? inilah beberapa alasannya:

1. Memperoleh Dukungan Rakyat Indonesia

Mengutip buku Explore Sejarah Indonesia Jilid 2 untuk SMA/MA Kelas XI oleh Abdurakhman (2019), Jepang berupaya meraih simpati dan dukungan dari rakyat Indonesia untuk melawan tentara Sekutu. Oleh karena itu, Jepang menjanjikan kemerdekaan dengan harapan mampu memobilisasi rakyat Indonesia untuk membantu mereka.

2. Situasi Perang Dunia II

Pada tahun 1944-1945, Jepang menghadapi Perang Dunia II dan posisinya semakin terdesak. Apalagi, Amerika Serikat telah berhasil merebut banyak wilayah yang sebelumnya dikuasai oleh Jepang. Dikarenakan tekanan yang begitu besar, Jepang memberi janji kemerdekaan kepada rakyat Indonesia.
ADVERTISEMENT

3. Mengurangi Perlawanan dan Pemberontakan

Dengan menjanjikan kemerdekaan, Jepang berharap akan mampu meredam perlawanan dan pemberontakan rakyat Indonesia. Jika rakyat percaya bahwa mereka akan lekas merdeka, mereka berpotensi bekerja sama dibanding melakukan pemberontakan dengan Jepang.

4. Strategi Politik Pasca Perang

Jepang berpikir bahwa jika mendukung kemerdekaan Indonesia, mereka akan mampu mempertahankan pengaruhnya di wilayah Asia. Jepang juga berupaya menjalin hubungan baik dengan negara yang baru merdeka untuk dijadikan sebagai modal diplomasi pasca perang.

5. Propaganda dan Citra di Mata Dunia

Memberikan janji kemerdekaan juga termasuk bagian dari propaganda Jepang untuk menampilkan sisi manusiawinya kepada dunia. Mereka ingin dianggap sebagai pembebas Asia dari kolonialisme Barat dan bukan sekadar penjajah yang brutal saja. Oleh karena itu, mereka memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia.
ADVERTISEMENT
Itulah alasan mengapa Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia. Meskipun Jepang menebar janji manis kemerdekaan, namun rakyat Indonesia mampu mengadakan proklamasi tanpa campur tangan negeri sakura tersebut pada 17 Agustus 1945. (DLA)