5 Cara Merawat Rambut agar Sehat dan Lembut

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
1 Februari 2024 7:33 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi untuk Cara Merawat Rambut agar Sehat. Sumber: Unsplash/Averie Woodard
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi untuk Cara Merawat Rambut agar Sehat. Sumber: Unsplash/Averie Woodard
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara merawat rambut agar sehat sangat penting untuk diketahui terutama wanita. Rambut yang sehat dan lembut adalah keinginan mayoritas orang. Selain terlihat indah, rambut sehat terhindar dari macam-macam penyakit kulit kepala, misalnya ketombe.
ADVERTISEMENT
Penyakit pada kulit kepala akan membuat penderitanya tidak nyaman dan bisa saja merasa kurang percaya diri. Oleh karena itu, bagaimana cara merawat rambut yang benar wajib dipahami.

Cara Merawat Rambut agar Sehat dan Lembut yang Harus Diketahui

Ilustrasi untuk Cara Merawat Rambut agar Sehat. Sumber: Unsplash/Sherise Van Dyk
Mengutip dari Panduan Merawat Rambut, Said (2009:12), ada beberapa jenis rambut, yaitu rambut kering, kombinasi, dan berminyak. Rambut termasuk kategori kering jika terasa kering saat dipegang, terlihat kusam, dan biasanya bercabang.
Rambut berminyak disebabkan oleh sekresi minyak berlebih pada kulit kepala. Rambut berminyak biasanya terlihat lengket dan kotoran mudah menempel. Adapun rambut kombinasi umumnya memiliki ujung rambut lebih tipis sehingga rentan bercabang.
Karena jenis rambut berbeda-beda, produk perawatan harus disesuaikan dengan jenis rambut. Berikut adalah cara merawat rambut agar sehat dan lembut yang bisa diikuti.
ADVERTISEMENT

1. Keramas Secara Rutin

Cara pertama adalah keramas secara rutin. Frekuensi keramas bisa disesuaikan dengan jenis rambut. Misalnya, untuk pemilik rambut kering disarankan untuk tidak terlalu sering keramas agar rambut tidak semakin kering. Rambut kering bisa keramas dua kali seminggu atau sesuai kebutuhan.

2. Gunakan Sampo dan Kondisioner yang Tepat

Cara selanjutnya adalah gunakan sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut. Fungsi utama sampo adalah membersihkan rambut dan kulit kepala dari minyak, kotoran, dan produk perawatan rambut yang digunakan.
Sampo dan kondisioner yang tidak sesuai jenis rambut akan membuat rambut mudah lepek, kering, atau mudah kusut.

3. Menyisir Rambut

Menyisir rambut harus dilakukan dengan benar agar rambut sehat dan lembut. Jika rambut kusut, gunakan sisir dengan gigi renggang untuk mengurai rambut. Selain itu, jangan menyisir rambut dalam kondisi basah. Sebaiknya menyisir rambut dalam kondisi kering dari akar sampai ke ujung.
ADVERTISEMENT

4. Gunakan Masker Rambut

Agar rambut semakin sehat dan lembut, gunakan masker rambut secara rutin. Ada banyak masker rambut di pasaran dengan berbagai manfaat seperti melembutkan rambut, menyehatkan kulit kepala, dan sebagainya.

5. Asupan Vitamin dan Mineral

Selain merawat rambut dengan cara-cara yang telah disebutkan, yang tidak kalah penting adalah perhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B12, zat besi, dan lainnya sangat baik bagi kesehatan rambut.
Cara merawat rambut agar sehat tersebut bisa dicermati dan dipraktikkan. Semoga bisa memberikan manfaat. (KRIS)