5 Gelar Fatimah Az Zahra dan Alasan Diberikan Julukan Tersebut

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
30 November 2023 22:21 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Sebutkan Gelar Fatimah Az Zahra. Sumber: Unsplash/Mohamed Nohassi
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sebutkan Gelar Fatimah Az Zahra. Sumber: Unsplash/Mohamed Nohassi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebutkan gelar Fatimah Az Zahra! Fatimah Az Zahra merupakan putri dari Nabi Muhammad saw. dan Siti Khadijah. Nama Fatimah Az Zahra artinya adalah perempuan yang lembut hatinya dan selalu berseri-seri.
ADVERTISEMENT
Dalam sejarahnya, Fatimah Az Zahra kerap menemani Rasulullah saw. saat berdakwah. Fatimah Az Zahra bahkan dikenal sebagai putri kesayangan Rasulullah.

Ulasan Jawaban Soal Sebutkan Gelar Fatimah Az Zahra

Ilustrasi Sebutkan Gelar Fatimah Az Zahra. Sumber: Unsplash/Janko Ferlic
Fatimah Az Zahra merupakan putri keempat atau bungsu dari Rasulullah dan Siti Khadijah. Kelahiran Fatimah bertepatan dengan renovasi Ka'bah oleh kaum Quraisy.
Fatimah merupakan putri kesayangan dari Rasulullah. dikutip dari buku The Great Mothers, Habibatullah dan Al-Gharani (2018), bahkan, berliau bersabda bahwa barang siapa yang mencintai Fatimah Az Zahra ra. berarti ia mencintai Rasulullah saw..
Sejak kelahirannya, Nabi Muhammad saw. melihat tanda-tanda kebaikan dan keberkahan dari Fatimah. Karena ketakwaan, perilaku, dan keteguhannya, Fatimah mendapatkan banyak gelar. Sebutkan gelar Fatimah Az Zahra!
ADVERTISEMENT

1. As-Shiddiqah

As-Shiddiqah artinya adalah perempuan terpercaya. Fatimah Az Zahra mendapatkan gelar tersebut karena selalu berkata jujur dan benar. Segala hal yang diperbuat oleh Fatimah sama dengan yang dikatakannya.

2. Al-Mubarakah

Fatimah Az Zahra mendapatkan gelar Al-Mubarakah. Al-Mubarakah artinya adalah yang diberkahi Allah Ta’ala. Gelar ini diberikan kepada Fatimah karena berkah dirinya yang berupa keturunan dari Nabi Muhammad saw.

3. At-Tahirah

At-Tahirah memiliki arti perempuan suci. Gelar ini diberikan karena Allah Swt. telah menyucikan Fatimah Az Zahra dari segala jenis najis dan juga kotoran. Makna dari gelar ini terdapat pada surat Al-Ahzab ayat 33 sebagai berikut.
ADVERTISEMENT

4. Al-Bathuul

Fatimah Az Zahra mendapatkan gelar Al-Bathuul. Al-Bathuul artinya adalah memusatkan perhatiannya kepada ibadah. Fatimah selalu menjunjung tinggi hukum Allah.
Karena dibebaskan dari segala jenis najis dan kotoran, sepanjang hidupnya Fatimah selalu beribadah kepada Allah Swt.

5. Al-Madrhiyyah

Al-Mardhiyyah artinya adalah diridhai. Putri kesayangan Nabi Muhammad saw. ini mendapatkan gelar tersebut karena tidak akan akan melakukan perbuatan yang tidak diridhai oleh Allah.
Meski kehidupannya penuh penderitaan dan kemalangan, Fatimah tetap menjalani takdirnya. Tujuannya adalah mendapatkan ridha dari Allah.
Demikian penjelasan dari soal “sebutkan gelar Fatimah Az Zahra”. Selain gelar di atas, Fatimah memiliki gelar lain seperti Ummu Abiha, Az-Zakiyyah, Az-Zahra, dan lain sebagainya. (FAR)
ADVERTISEMENT