5 Jenis Kayu Solid untuk Membuat Furnitur

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
17 Mei 2024 21:28 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Jenis Kayu Solid. Sumber Unsplash Atlas Kadrow
zoom-in-whitePerbesar
Jenis Kayu Solid. Sumber Unsplash Atlas Kadrow
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kayu solid masih menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan furnitur. Terlebih lagi, ada berbagai jenis kayu solid yang mempunyai kualitas mumpuni dan cocok untuk memproduksinya
ADVERTISEMENT
Salah satu jenis kayu ini adalah jati. Kayu tersebut sudah lama dikenal dalam industri pembuatan furnitur. Produknya pun sering diincar hingga saat ini.

Jenis Kayu Solid dalam Industri Pembuatan Furnitur

Jenis Kayu Solid. Sumber Unsplash Joel Jasmin Forestbird
Menurut buku Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Industri Mebel Kayu, Fitriyani, SKM., MKKK (2023: 14), furniture merupakan istilah dari kata perabotan rumah tangga. Furnitur sendiri bisa dikatakan seperti meja, almari, kursi, dan lain sebagainya.
Furnitur bisa dibuat dari berbagai bahan. Salah satunya adalah kayu solid. Beragam jenis kayu solid yang sering digunakan untuk pembuatan furnitur adalah sebagai berikut.

1. Jati

Jati dikenal sebagai kayu berkualitas sebagai bahan pembuatan furnitur. Hal ini disebabkan kayu tersebut mampu tahan terhadap rayap dan cuaca sehingga tak mudah keropos. Produk furnitur yang dibuat dari kayu jati pun cenderung mempunyai harga tinggi.
ADVERTISEMENT

2. Mahoni

Mahoni juga kerap digunakan sebagai bahan dasar pembuatan furnitur. Kayu ini mempunyai pori-pori halus dan serat yang kerap dicari oleh konsumen. Tak hanya itu saja, kayu ini memancarkan warna merah kecoklatan yang indah.

3. Aras

Aras atau cedar merupakan jenis kayu lain yang juga kerap digunakan dalam industri furnitur. Kayu ini bisa tahan pada cuaca hujan dan dingin. Tak hanya itu saja, kayu ini juga tahan terhadap rayap dan bisa menyerap kelembapan.

4. Sonokeling

Kayu ini sering digunakan saat membuat furnitur karena mempunyai corak indah. Selain itu, kayu ini juga mudah diberi pernis karena memiliki struktur halus. Bagaimanapun juga, kayu ini tergolong keras dan cukup kuat.

5. Meranti

Kayu ini mempunyai berbagai warna bernuansa merah menurut usianya. Semakin tua, maka semakin gelap warna merah yang dimiliki. Kualitasnya pun semakin baik. Di sisi lain, meranti bersifat tak mudah menyusut meskipun suhu berubah dan tahan lama.
ADVERTISEMENT
Kesimpulannya, ada bermacam-macam jenis kayu solid yang biasa digunakan dalam industri pembuatan furnitur. Di antaranya adalah jati, mahoni, aras, sonokeling, dan meranti. (LOV)