5 Negara yang Memprakarsai Berdirinya ASEAN

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
20 Februari 2024 17:42 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi sebutkan negara-negara yang memprakarsai berdirinya asean. Sumber: frederic koberl/unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sebutkan negara-negara yang memprakarsai berdirinya asean. Sumber: frederic koberl/unsplash
ADVERTISEMENT
Sebutkan negara-negara yang memprakarsai berdirinya ASEAN (Association of Southeast Asian Nations)! Pertanyaan ini kerap ditanyakan oleh siswa yang sedang belajar tentang organisasi ASEAN.
ADVERTISEMENT
ASEAN adalah Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Merupakan organisasi geopolitik dan ekonomi yang didirikan di Bangkok, Thailand pada tanggal 8 Agustus 1967.

Sebutkan Negara-Negara yang Memprakarsai Berdirinya ASEAN!

Ilustrasi sebutkan negara-negara yang memprakarsai berdirinya asean. Sumber: z/unsplash
Sejarah berdirinya ASEAN dimulai setelah kejatuhan Presiden Soekarno dan munculnya pemerintahan Presiden Soeharto. Saat itu Menteri Luar Negeri Adam Malik mengadakan diplomasi dengan mitra kerjanya di Malaysia dan Singapura.
Diplomasi tersebut berlangsung pada bulan Juni 1966 dengan tujuan untuk normalisasi hubungan dengan kedua negara. Pada bulan Juni 1966, Filipina juga mengumumkan pembukaan kembali hubungan diplomatik dengan Malaysia.
Kemudian muncul inisiatif untuk menegakkan basis hubungan intra-reginal yang bersifat kerjasama setelah adanya normalisasi hubungan Indonesia dan Malaysia, serta Malaysia dan Filipina.
Mengutip buku ASEAN Dalam Hukum Organisasi Internasional, Anak Agung Sri Utari (2022), pada 8 Agustus 1967, dicapai kesepakatan yang dikenal dengan nama Deklarasi Bangkok 1967 untuk membentuk sebuah organisasi kerjasama negara-negara Asia Tenggara.
ADVERTISEMENT
Organisasi ini dinamakan Association of Southeast Asian Nations atau lebih dikenal dengan sebutan ASEAN.
Kesepakatan dicapai oleh lima Menteri Luar Negeri negara-negara Asia Tenggara yang mengadakan pertemuan di Bangkok selama tiga hari dari tanggal 5 hingga 8 Agustus 1967.
Menjawab pertanyaan sebutkan negara-negara yang memprakarsai berdirinya ASEAN. Negara-negara Asia Tenggara dan Menteri Luar Negeri yang memprakarsai berdirinya ASEAN adalah sebagai berikut.
Adapun tujuan berdirinya ASEAN yang tertuang dalam Deklarasi Bangkok adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
Kini ASEAN telah beranggotakan semua negara yang wilayahnya berada di regional Asia Tenggara. Secara lengkap, anggota ASEAN adalah sebagai berikut.
Itulah uraian jawaban dari pertanyaan yang meminta untuk sebutkan negara-negara yang memprakarsai berdirinya ASEAN. Semoga informasi ini bermanfaat, ya! (ARD)