6 Contoh Gerakan yang Dilakukan dengan Tenaga Kuat dalam Tari

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
26 Mei 2024 17:42 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi Apa Saja Contoh Gerakan yang Dilakukan Dengan Tenaga Kuat, Sumber: Foto Pixabay/SZimmermann_DE
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Apa Saja Contoh Gerakan yang Dilakukan Dengan Tenaga Kuat, Sumber: Foto Pixabay/SZimmermann_DE
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apa saja contoh gerakan yang dilakukan dengan tenaga kuat dalam tari? Arti gerak jika dilihat dari sisi tarian merupakan perubahan posisi anggota tubuh berulang-ulang yang diiringi ekspresi wajah sehingga menimbulkan dinamika yang indah.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan buku Sukses Semua Ulangan SD/MI Kelas 5, Suryanto Rukmono, S,Si, dkk., (2010:331), gerak merupakan dasar dari sebuah tarian. Seorang penari harus mempunyai kelenturan tubuh untuk bisa melakukan gerak tari. Gerakan tari dapat dilakukan dengan tenaga kuat dan tenaga lemah.

Apa Saja Contoh Gerakan yang Dilakukan Dengan Tenaga Kuat?

Ilustrasi Apa Saja Contoh Gerakan yang Dilakukan Dengan Tenaga Kuat, Sumber: Foto Pixabay/sasint
Apa saja contoh gerakan yang dilakukan dengan tenaga kuat dalam tari? Salah satu contoh gerak bertenaga kuat pada seni tari yaitu mengentakkan tangan dan kaki.
Perlu diketahui gerak kuat dalam tari merupakan suatu gerakan yang dilakukan dengan adanya tenaga kuat dan penuh semangat dalam suatu tarian. Gerak kuat bisa diketahui dari tempo musik yang cepat, mengentak, serta dinamis. Oleh sebab itu, para penari berusaha mengimbangi gerakan itu dengan gerakan yang cepat.
ADVERTISEMENT
Adapun contoh lain dari gerakan kuat dalam tari berdasarkan buku yang berjudul Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 3 Semester 1, Uly Amalia, (2021:17), adalah sebagai berikut:
Cukup mudah untuk menemukan jenis tari tradisional yang menggunakan jenis gerakan cepat. Adapun contoh dari tari tradisional yang memakai gerak bertenaga kuat atau cepat adalah Tari Jaipong yang berasal dari daerah Jawa Barat dan Tari Saman yang berasal dari Aceh.

Contoh Gerakan Lemah dalam Seni Tari

Ilustrasi Apa Saja Contoh Gerakan yang Dilakukan Dengan Tenaga Kuat. Sumber: Pexels/Aditya Agarwal
Sedangkan contoh gerakan lemah dalam seni tari adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
Gerakan kuat dan lemah dalam menari dapat divariasikan. Contohnya bertepuk tangan dengan gerakan lemah sampai kuat, misal bertepuk mulai dari dua jari, empat jari, enam jari, delapan jari, hingga sepuluh jari.
Itulah uraian yang membahas tentang apa saja contoh gerakan yang dilakukan dengan tenaga kuat dalam seni tari. Semoga dapat menambah wawasan pembaca tentang gerakan dalam seni tari. (Adm)