6 Tips agar Cepat Tidur Pulas dan Berkualitas

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
14 Juni 2024 23:03 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tips agar cepat tidur.   Sumber: Pexels/Ketut Subiyanto
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tips agar cepat tidur. Sumber: Pexels/Ketut Subiyanto
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Saat tubuh sudah terasa lelah tetapi mata masih ingin melek rasanya sungguh menyiksa. Guna menghindari terjadinya hal tersebut, sebaiknya ketahui tips agar cepat tidur cepat.
ADVERTISEMENT
Tidur berkualitas akan membuat tubuh kembali pulih. Saat bangun keesokan harinya, tubuh pun mejadi lebih sehat dan bugar.

Tips Agar Cepat Tidur

Ilustrasi tips agar cepat tidur. Sumber: Pexels/Vlada Karpovich
Dikutip dari situs resmi Rumah Sakit Pertamina, www.rspp.co.id, tidur yang cukup akan membantu menjaga keseimbangan kimia otak yang sehat. Hal ini penting yang penting untuk menjaga kesehatan mental yang baik.
Tidur yang cukup juga memiliki dampak langsung pada kesehatan fisik. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi.
Jika kerap mengalami kesusahan tidur, berikut ini tips agar tidur cepat dan pulas.

1. Tidur di Jam yang Sama Setiap Harinya

Tubuh memiliki jam biologis yang bisa diatur. Salah satu cara supaya bisa tidur cepat adalah selalu mencoba tidur di jam yang sama setiap harionya. Misalnya tiap jam 9 sudha masuk kamar dan mencoba tidur. Setelah beberapa kali dilakukan, jika sudah pukul 9 malam, tubuh akan memberi alarm untuk segera beristirahat.
ADVERTISEMENT

2. Matikan Semua Alat Elektronik

Saat masuk ke kamar dan bersiap tidur, sebaiknya jauhkan semua alat elektronik dari jangkauan. Matikan laptop, komputer, atau tablet. Letakkan ponsel di tempat yang tidak terjangkau tangan. Hal ini akan membuat tubuh lebih relaks dna tidak lagi penasaran untuk membuka gadget.

3. Buat Suasana Kamar yang Nyaman

Cara tidur seseorang berbeda-beda. Ada yang suka suasana remang-remang, ada yang terang benderang, tetapi aja juga yang suka gelap total. Saat hendak tidur, pastikan kondisi kasur bersih dan nyaman sesuai dengan yang diinginkan. Biasanya kamar yang gelap akan membuat tidur lebih nyenyak.

4. Dengarkan Musik Relaksasi

Bagi yang insomnia dan susah tidur, mendengarkan musik relaksasi bisa menjadi bantuan. Suara musik yang mengalun lembut, gemericik air, suara debur ombak, suara hujan, dan bunyi hutan dengan kicauan burung akan membuat suasana lebih tenang dan nyaman untuk tidur.
ADVERTISEMENT

5. Mandi Air Hangat

Mandi menggunakan air hangat saat lelah akan membuat tubuh menjadi rileks dan segar. Tubuh yang bersih dan rileks akan lebih mudah untuk mengantuk dna tidur lelap dibandingkan tubuh yang kotor.

6. Rajin Berolahraga

Olahraga rutin membawa dampak baik pada tubuh, salah satunya bisa tidur dengan pulas dan nyenyak. Hal ini karena olahraga dapat meningkatkan hormon melatonin. Hormon alami ini berperan dalam mengatur siklus tidur-bangun dan ritme sirkadian Anda
Poin-poin di atas adalah bagian dari tips agar cepat tidur. Dengan melakukan poin-poin tersebut, insomnia dapat teratasi secara perlahan dan jam tidur kembali normal. (SASH)