7 Cara Menghindari Perbuatan Zina dalam Islam

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
10 Juni 2024 17:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Bagaimana Cara Menghindari Perbuatan Zina. Sumber Unsplash/MATAQ Darul Ulum
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Bagaimana Cara Menghindari Perbuatan Zina. Sumber Unsplash/MATAQ Darul Ulum
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bagaimana cara menghindari perbuatan zina? Soal ini bagian dari tugas Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk siswa kelas 10.
ADVERTISEMENT
Zina adalah melakukan hubungan biologis layaknya suami istri di luar tali pernikahan yang sah dalam Islam. Di dalamnya tidak hanya hubungan senggama, tetapi segala macam aktivitas seksual tanpa ikatan.

Bagaimana Cara Menghindari Perbuatan Zina? Ini 7 Jawabannya

Ilustrasi Bagaimana Cara Menghindari Perbuatan Zina. Sumber Unsplash/Bagas Rais R
Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari perzinaan di kalangan anak remaja. Dikutip dari buku PAI dan Budi Pekerti Untuk Kelas X, Nenden Munawaroh, Ijudin (2022:216), berikut adalah jawaban untuk soal bagaimana cara menghindari perbuatan zina.

1. Berhijab Sempurna

Baik wanita ataupun pria harus mampu menutupi auratnya. Untuk wanita, wajib tampil dengan berhijab sempurna agar terhindar dari hal-hal yang menimbulkan kerugian pada dirinya.

2. Menjaga Pandangan

Umat muslim, terutama pria, diwajibkan untuk menjaga pandangan. Seringnya melihat lawan jenis dengan pandangan penuh syahwat adalah panah setan yang paling mudah mengantarkan pada maksiat yang lebih parah.
ADVERTISEMENT

3. Memperkuat Agama

Pendidikan agama dan moral dapat memperkuat iman sejak dini. Anak dengan dasar pendidikan agama serta moral yang kokoh, tidak akan mudah terjerumus ke dalam perbuatan zina karena bisa membedakan hal yang benar dan salah.

4. Pembentukan Karakter

Pembentukan karakter manusia sejak kecil sangat diperlukan agar kelak dapat menjadi pribadi yang kuat dan berpendirian kokoh. Teguh berpegang pada prinsip hidup merupakan salah satu cara untuk menghindari perbuatan zina.

5. Pergaulan

Pemilihan teman yang kurang sesuai akan mempermudah terjeramus ke dalam perbuatan zina. Oleh karena itu, penting untuk memilih teman dan mengenali tipe kepribadian manusia yang sekiranya dapat memberikan pengaruh positif.

6. Keluarga

Mempererat hubungan dengan keluarga akan membentengi anak dari perilaku zina. Hubungan keluarga yang erat, secara langsung akan memberikan pengawasan yang lebih baik kepada anak.
ADVERTISEMENT
Jika anak dekat dan terbuka dengan orang tua, mereka akan dapat langsung bertanya mengenai berbagai macam persoalan. Bahkan yang dianggap sensitif dan tabu seperti seks. Hal ini akan mencegah anak mencari informasi yang bisa jadi menyesatkan.

7. Kegiatan Bermanfaat

Salah satu faktor yang turut memberi kesempatan bagi remaja untuk tergiur dengan perbuatan zina adalah tersedianya banyak waktu luang. Apabila waktu luang diisi dengan kegiatan yang positif dan berguna, maka tidak akan ada waktu untuk memikirkan hal-hal yang menyimpang.
Bagaimana cara menghindari perbuatan zina dalam Islam? Cara yang bisa dilakukan, antara lain dengan menutup aurat, menjaga pandangan, dan menciptakan keluarga yang harmonis. (DK)