Konten dari Pengguna

7 Cara Merawat Peralatan Dapur yang Berbahan Aluminium

Berita Terkini
Penulis kumparan
9 November 2023 22:03 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara merawat peralatan dapur, sumber: unsplash/JasonBriscoe
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara merawat peralatan dapur, sumber: unsplash/JasonBriscoe
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara merawat peralatan dapur yang berbahan aluminium perlu diketahui untuk menjaga kualitasnya. Peralatan dapur dari aluminium memang memerlukan perawatan khusus agar kebersihan dan keawetannya tetap terjaga.
ADVERTISEMENT
Jika peralatan dapur dirawat dengan baik, tentu tidak akan mudah rusak. Mengingat aluminium mempunyai sifat reaktif terhadap makanan asam atau basa, ia berpotensi teroksidasi alias berkarat jika tidak dijaga kebersihannya.

Cara Merawat Peralatan Dapur yang Berbahan Aluminium

Ilustrasi Cara merawat peralatan dapur, sumber: unsplash/MichalBalog
Mengutip buku Ajar Proses Pengerjaan Logam, Akhyar (2022), aluminium banyak digunakan untuk membuat peralatan dapur karena bahannya mudah dibentuk. Berikut adalah cara merawat peralatan dapur yang berbahan aluminium:

1. Cuci dengan Sabun Lembut dan Air Hangat

Cara pertama yang perlu diperhatikan yaitu cuci peralatan dapur berbahan aluminium dengan sabun lembut beserta air hangat. Sebaiknya, jangan memakai mesin pencuci piring otomatis karena deterjen kuat dan panas yang dihasilkan dapat merusak lapisan aluminium.

2. Hindari Makanan Asam atau Basa

Jika ingin menyantap makanan yang bersifat asam atau basa, maka sebaiknya hindari peralatan dapur aluminium. Hal ini bertujuan untuk mencegah reaksi kimia yang berpotensi merusak permukaannya.
ADVERTISEMENT

3. Keringkan dengan Lap Bersih

Setelah mencuci peralatan dapur, pastikan untuk mengeringkan terlebih dahulu menggunakan lap kering dan bersih. Tujuannya untuk mencegah timbulnya noda atau bercak air yang sulit dihilangkan.

4. Gunakan Alat Berbahan Kayu atau Plastik

Saat memasak menggunakan peralatan aluminium, pastikan untuk menggunakan sendok berbahan kayu atau plastik. Tujuannya agar peralatan aluminium tersebut tidak mengalami goresan yang membuat keindahannya pudar.

5. Gunakan Pembersih Khusus Aluminium

Perlu diketahui bahwa ada pembersih khusus untuk peralatan aluminium. Pembersih ini bisa digunakan untuk mengatasi noda yang membandel dan tidak lagi berkilau.

6. Hindari Lelehan

Cara berikutnya yang perlu diperhatikan yakni dengan menghindari lelehan yang panas. Pasalnya, lelehan berpotensi merusak bentuk hingga kekuatan peralatan aluminium.

7. Periksa dan Ganti Peralatan yang Rusak

Jika memungkinkan, maka peralatan aluminium yang rusak perlu diganti. Oleh karena itu, penting sekali untuk memeriksa setiap alat dapur secara berkala agar kinerja dan keamanannya tetap terjaga.
ADVERTISEMENT
Cara merawat peralatan dapur yang berbahan aluminium yang dijelaskan di atas bisa diterapkan dalam keseharian. Dengan begitu, alat dapur yang dimiliki bisa tetap awet dan memudahkan proses memasak. (DLA)