Konten dari Pengguna

7 Contoh Jawaban Kelebihan dan Kekurangan Diri untuk Wawancara Kerja

Berita Terkini
Penulis kumparan
4 November 2023 19:22 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi sebutkan hal-hal yang menjadi kelebihan anda! Sumber: pexels.com/Tima Miroschnichenko
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sebutkan hal-hal yang menjadi kelebihan anda! Sumber: pexels.com/Tima Miroschnichenko
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebutkan hal-hal yang menjadi kelebihan Anda! Pertanyaan tersebut sering muncul dalam wawancara kerja. Kandidat biasanya akan menjelaskan apa saja kelebihan atau kualitasnya dalam dunia kerja. Kelebihan itu dapat berupa keterampilan atau keahlian.
ADVERTISEMENT
Selain kelebihan, kandidat juga diminta menjelaskan kekurangan diri. Kedua hal ini sangat penting untuk diketahui sebelum melamar pekerjaan. Oleh karena itu, kandidat perlu mengetahui contoh jawaban kelebihan dan kekurangan diri untuk wawancara kerja.

Contoh Jawaban Kelebihan dan Kekurangan Diri dalam Wawancara Kerja

Ilustrasi sebutkan hal-hal yang menjadi kelebihan anda! Sumber: pexels.com/Mart Production
Berikut ini adalah 7 contoh jawaban kelebihan dan kekurangan diri untuk wawancara kerja menurut buku Revolusioner! Mudah Mencari Pekerjaan oleh Ridwan Raharjo (2010: 63)

1. Saya Cepat Belajar

Cepat belajar adalah salah satu jawaban untuk pertanyaan tentang kelebihan diri. Cepat belajar menunjukkan kemampuan diri dalam beradaptasi dan menerima informasi baru dalam dunia pekerjaan.

2. Dapat Bekerja Secara Individu maupun Kelompok

Kemampuan untuk bekerja secara individu maupun kelompok adalah penting dipunyai oleh calon pegawai. Dalam dunia kerja, para pegawai perlu bekerja dengan efektif baik dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok.
ADVERTISEMENT

3. Mampu Beradaptasi

Kemampuan beradaptasi diperlukan seorang pegawai agar dapat menyesuaikan diri pada situasi yang terjadi di perusahaan. Kemampuan adaptasi juga mencakup manajemen konflik dan mengatasi masa sulit saat bekerja.

4. Memiliki Keinginan untuk Belajar

Seorang pekerja harus selalu memiliki keinginan untuk belajar. Dalam dunia kerja, seorang pegawai akan menemukan hal-hal baru. Untuk itu seorang pegawai harus terus belajar agar dapat mengikuti perkembangan dunia kerja.

5. Belum Dapat Menggunakan Aplikasi Kerja dengan Baik

Saat ini berbagai perusahaan telah banyak menggunakan aplikasi dalam menjalankan pekerjaan. Jika belum bisa menggunakan aplikasi kerja, maka dapat berterus terang menyebutkan hal tersebut sebagai kekurangan, tetapi kekurangan tersebut dapat diperbaiki saat bekerja karena memiliki kemauan untuk belajar.

6. Pengalaman Masih Kurang

Kurangnya pengalaman dalam pekerjaan adalah salah satu contoh jawaban kekurangan diri saat wawancara kerja. Meskipun begitu, calon pegawai dapat memberikan jawaban mengenai pengalamannya berorganisasi yang berkaitan dengan posisi pekerjaan yang dilamar.
ADVERTISEMENT

7. Kesulitan Berkomunikasi

Kesulitan berkomunikasi adalah contoh jawaban mengenai kekurangan diri dalam wawancara kerja. Seorang pegawai mungkin akan mengalami kesulitan saat berkomunikasi di lingkungan kerja yang baru. Meskipun begitu, dapat diatasi seiring dengan pengalaman berada di perusahaan.
Itulah 7 contoh jawaban kelebihan dan kekurangan diri untuk wawancara kerja. Semoga dapat menjadi referensi bagi calon pegawai yang akan menghadapi seleksi wawancara untuk posisi yang diinginkan. Semoga sukses! (IND)