Akidah: Dasar Persaudaraan Orang Beriman Menurut Ajaran Islam

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
25 Januari 2024 21:07 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Dasar Persaudaraan antara Orang Beriman adalah Adanya Persamaan. Sumber: Pexels/Alena Darmel
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Dasar Persaudaraan antara Orang Beriman adalah Adanya Persamaan. Sumber: Pexels/Alena Darmel
ADVERTISEMENT
Dasar persaudaraan antara orang beriman adalah adanya persamaan akidah. Akidah secara bahasa memiliki makna sebagai kepercayaan dasar atau keyakinan pokok.
ADVERTISEMENT
Jika merujuk pada ajaran Islam, akidah merupakan pemahaman tentang sesuatu yang diyakini oleh hati manusia. Islam mengajarkan kepada pemeluknya agar mempunyai akidah yang mantap, yakni akidah yang sepenuh hati dan tidak ada keraguan sedikit pun.

Dasar Persaudaraan antara Orang Beriman adalah Adanya Persamaan Akidah

Ilustrasi Dasar Persaudaraan antara Orang Beriman adalah Adanya Persamaan. Sumber: Pexels/Alena Darmel
Dasar persaudaraan antara orang beriman adalah adanya persamaan akidah. Akidah merupakan hal dasar yang perlu dimiliki oleh setiap muslim. Keyakinan tersebut meliputi berbagai macam aspek. Salah satu yang terpenting adalah yakin kepada Allah Swt.
Dikutip dari buku Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas VII, Syuhada dan Fida’ (2021: 5), menurut Hasan Al-Banna, pengertian akidah adalah suatu paham tentang sesuatu yang diyakini atau diimani oleh hati manusia yang benar sebagai pandangan yang benar.
ADVERTISEMENT
Akidah merupakan beberapa perkara yang wajib diyakini kebenarannya oleh hati, mendatangkan ketenteraman jiwa, menjadi keyakinan yang tidak bercampur sedikit pun dengan keraguan. Jadi, jelas bahwa akidah harus yakin sepenuh hati, tanpa ada keraguan.
Keberadaan akidah yang sama itu dapat membuat setiap muslim sebagai orang beriman termasuk saudara. Dasar tersebut bahkan telah tertulis secara jelas dalam Alquran Surat Al Hujurat ayat 10.
Dikutip dari laman Qur’an Kemenag, quran.kemenag.go.id, Surat Al Hujarat ayat 10 berbunyi,
Innamal-mu'minūna ikhwatun fa aṣliḥū baina akhawaikum wattaqullāha la‘allakum turḥamūn(a).
Ayat tersebut memaparkan secara jelas bahwa orang mukmin itu bersaudara. Mukmin secara bahasa memiliki arti sebagai orang yang beriman kepada Allah Swt. Oleh karena itu, jelas bahwa dasar persaudaraan orang beriman adalah persamaan akidah.
ADVERTISEMENT
Dasar persaudaraan antara orang beriman adalah adanya persamaan akidah. Supaya lebih jelas, setiap muslim dapat belajar agama dengan ustaz guna menghindari kesesatan akibat belajar agama sendirian. Wallahu a’lam bishawab. (AA)