Alasan Mengapa Bangsa Indonesia Harus Terlibat dalam Upaya Perdamaian Dunia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
14 Februari 2024 17:47 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mengapa bangsa indonesia harus terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia? Sumber: rizky rahmat hidayat/unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengapa bangsa indonesia harus terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia? Sumber: rizky rahmat hidayat/unsplash
ADVERTISEMENT
Mengapa bangsa Indonesia harus terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia? Karena merupakan cita-cita kemerdekaan yang tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea keempat.
ADVERTISEMENT
Alinea keempat Pembukaan UUD 1945 juga merupakan tujuan nasional Indonesia. Pada alinea ini, ditegaskan pelaksanaan Indonesia dalam ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan.

Mengapa Bangsa Indonesia Harus Terlibat dalam Upaya untuk Mewujudkan Perdamaian Dunia?

Ilustrasi mengapa bangsa indonesia harus terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia? Sumber: mathias reding/unsplash
Mengapa bangsa Indonesia harus terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia? Karena upaya mewujudkan perdamaian dunia sudah tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan menjadi tujuan nasional Indonesia.
Mengutip buku Explore Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jilid 2 untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI, Drs. Tijan, M.Si.; Drs. F.A. Sugimin, M.Kom. (2019), salah satu tujuan Indonesia melakukan hubungan internasional adalah untuk mewujudkan perdamaian dunia.
Tujuan nasional Indonesia tentang mewujudkan perdamaian dunia telah tercermin pada alinea keempat Pembukaan UUD 1945, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
ADVERTISEMENT
Pengalaman atas penjajahan menumbuhkan hasrat yang kuat tuntutan pengakuan bangsa Indonesia sebagai manusia seutuhnya dan perlakuan terhadapnya sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai pribadi.
Pengalaman atas penjajahan juga mewujudkan sikap Indonesia atas penjajahan atas negara lain. Sehingga perdamaian dunia harus diwujudkan dan Indonesia bertekad untuk turut serta dalam perdamaian dunia tersebut.
Jika terjadi perdamaian dunia, maka akan ada pengaruh positif yang sangat penting bagi kemajuan negara. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Hubungan Internasional Yang Baik

Jika terjadi perdamaian dunia, hubungan antar negara akan terjalin dengan baik sehingga setiap negara akan tercukupi kebutuhannya dalam setiap bidang.

2. Berkembangnya Negara

Perdamaian dunia dapat mewujudkan perkembangan negara karena tidak ada kekhawatiran akan stabilitas politik. Pembangunan negara akan berjalan sesuai dengan yang seharusnya.
ADVERTISEMENT

3. Stabilitas Politik Yang Baik

Politik adalah hal yang rumit. Jika ada perdamaian dunia, maka stabilitas politik akan berjalan dengan baik. Stabilitas politik yang baik juga berdampak pada hubungan negara yang saling berkerjasama.

4. Stabilitas Ekonomi

Dalam perdamaian dunia yang terwujud. Kerja sama ekonomi antar negara tidak akan terhalangi oleh apapun sehingga setiap negara akan mencapai stabilitas ekonomi yang diharapkan.

5. Keamanan Negara Yang Kuat

Perdamaian dunia dapat mewujudkan keamanan negara yang kuat walaupun kekuatan militer sebuah negara tidak kuat. Ini karena tidak ada kekhawatiran akan penjajahan atas sebuah negara.
Mengapa bangsa Indonesia harus terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia? Karena merupakan cita-cita UUD dan tujuan nasional Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat. (ARD)
ADVERTISEMENT