Konten dari Pengguna

Alasan Mengapa Penyair Membuat Puisi dan Tujuannya

Berita Terkini
Penulis kumparan
5 Januari 2023 19:18 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi: Alasan Mengapa Penyair Membuat Puisi dan Tujuannya  Sumber: pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi: Alasan Mengapa Penyair Membuat Puisi dan Tujuannya Sumber: pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Puisi ditulis oleh seorang penyair dengan tujuan tertentu. Mengapa penyair membuat puisi? Simak dalam ulasan berikut untuk mengetahui jawabannya.
ADVERTISEMENT

Mengapa Penyair Membuat Puisi?

Ilustrasi: Alasan Mengapa Penyair Membuat Puisi dan Tujuannya Sumber: pixabay.com
Mengapa penyair membuat puisi? Alasan dan tujuannya dapat disimak dalam ulasan berikut.
Mengutip buku Yang Tersisa Setelah Puisi Dicipta karya Dimas Indiana Senja (8:2021), jika pada umumnya orang menyimpan rahasia pribadinya di dasar hati yang terdalam, penyair justru sebaliknya, ia menguraikan berbagai hal yang bergejolak lewat puisi.
Atas hal tersebut, dapat diketahui bahwa tujuan atau hal yang mendorong penyair menulis puisi adalah untuk mengekspresikan isi hati.
Selain itu, tujuannya juga untuk menyampaikan suatu hal yang tidak bisa dikatakan secara langsung. Untuk kepuasan, kesenangan dan juga ketenangan batin.

Pengertian Puisi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian puisi atau sajak adalah jenis sastra dengan bahasa yang terikat oleh irama, rima, serta susunan bait dan larik.
ADVERTISEMENT
Puisi dapat diketahui sebagai sebuah karya berupa tulisan kata-kata yang identik dengan tulisan-tulisan dengan kata-kata indah yang biasanya memiliki makna tersirat berupa tanggapan serta pendapat penyair.

Bentuk Puisi dan Contohnya

Bentuk puisi ada dua jenis yakni puisi lama dan puisi modern, berikut adalah pengertian bentuk puisi bersama dengan contohnya:

Ciri-ciri Puisi

Bersamaan dengan adanya bentuk puisi maka baik puisi modern dan puisi lama memiliki ciri-ciri dan karakteristik yang di antaranya sebagai berikut:
ADVERTISEMENT

Ciri-ciri Puisi Lama

Ciri-ciri Puisi Modern

Demikian pemaparan terkait mengapa penyair membuat puisi dengan tambahan informasi lainnya terkait puisi. Semoga dapat menjadi refrensi yang bemanfaat dalam menyelesaikan tugas Bahasa Indonesia atau dapat sekadar menambah pengetahuan. (ANG)