Alasan Perlunya Energi Alternatif serta Contoh dan Manfaatnya bagi Kehidupan

Konten dari Pengguna
18 Februari 2023 19:06
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mengapa Perlu Energi Alternatif?       Sumber www.unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Mengapa Perlu Energi Alternatif? Sumber www.unsplash.com
Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk di dunia, maka keberadaan energi alternatif sangat diperhitungkan. Mengapa perlu energi alternatif? Simak alasan, contoh, dan manfaatnya bagi kehidupan dalam artikel berikut ini.

Mengapa Perlu Energi Alternatif?

Ilustrasi Mengapa Perlu Energi Alternatif?  Sumber www.unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mengapa Perlu Energi Alternatif? Sumber www.unsplash.com
Pengertian energi alternatif terdapat dalam buku Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 3 Semester 2 yang disusun oleh Uly Amalia (2021:78). Dijelaskan dalam buku tersebut, energi alternatif adalah sumber energi yang dapat menggantikan Bahan Bakar Minyak (BBM).
Untuk masa yang akan datang, manusia perlu memikirkan sumber energi alternatif lain untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Alasan perlunya energi alternatif antara lain sebagai berikut;
  1. Persediaan bahan bakar minyak terbatas, dan sama seperti bahan bakar fosil lain, BBM merupakan energi yang tidak dapat diperbaharui.
  2. Energi berasal dari bahan bakar fosil yang digunakan saat ini berdampak pada kerusakan lingkungan.
  3. Energi alternatif lebih murah, persediaannya melimpah, mudah diperoleh, dapat diperbaharui, dan ramah lingkungan.

Contoh dan Manfaat Energi Alternatif

Alasan Perlunya Energi Alternatif      Sumber www.unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Alasan Perlunya Energi Alternatif Sumber www.unsplash.com
Energi alternatif tidak akan habis, meskipun kebutuhannya seiring dengan laju pertumbuhan penduduk. Berikut adalah contoh energi alternatif yang ada di sekitar kita.

1. Matahari.

Matahari merupakan sumber energi terbesar di muka bumi. Energi matahari dimanfaatkan sebagai sumber energi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

2. Air.

Energi air dapat diubah menjadi listrik sehingga dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Semakin kuat gerak air, semakin besar energi yang dihasilkan oleh generator pembangkit listrik.

3. Angin.

Energi angin atau bayu dapat diubah menjadi energi listrik sehingga dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). PLTB mengubah gerak angin menjadi listrik menggunakan kincir angin atau turbin angin.
Adapun manfaat energi alternatif berdasarkan buku Cerdas Sains Kelas 4-6 SD yang disusun oleh Yuliand Setyaningtyas (2009:62) adalah sebagai berikut;
  1. Gravitasi bulan dan matahari menyebabkan permukaan air laut pasang. Naiknya air laut dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin pada generator.
  2. Energi panas dari matahari dapat dimanfaatkan manusia dalam proses pengeringan dan pengawetan makanan, panel surya rumah tangga sebagai pengganti listrik, dan sumber pembangkit listrik tenaga panas bumi.
Alasan perlunya energi alternatif, karena jumlah persediaan minyak bumi yang tidak sebanding dengan pertumbuhan penduduk. Energi alternatif juga lebih ramah lingkungan, sehingga tidak menambah kerusakan dan pencemaran lingkungan.(DK)