Apa Modal Awal Pembangunan Nasional di Indonesia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
5 Januari 2024 18:45 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Apa Modal Awal Pembangunan Nasional, sumber: unsplash/AleandrePellaes
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Apa Modal Awal Pembangunan Nasional, sumber: unsplash/AleandrePellaes
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apa modal awal pembangunan nasional di Indonesia? Pembangunan nasional merupakan upaya negara Indonesia untuk memakmurkan kehidupan bangsa dan negaranya.
ADVERTISEMENT
Modal awal pembangunan nasional di Indonesia melibatkan beberapa elemen penting yang mampu menciptakan fondasi untuk perkembangan negara. Modal tersebut telah dimiliki, bahkan sejak kemerdekaan Indonesia pada 1945.

Apa Modal Awal Pembangunan Nasional

Ilustrasi Apa Modal Awal Pembangunan Nasional, sumber: unsplash/CyttonPhotograph
Apa modal awal pembangunan nasional di Indonesia? Mengutip buku Pembangunan Nasional, Heliarta (2020), pembangunan nasional merupakan pembangunan yang dilakukan dari, oleh, dan untuk rakyat. Adapun macam-macam modal awal pembangunan nasional yakni sebagai berikut:

1. Kemerdekaan dan Kedaulatan

Perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan adalah modal awal pembangunan nasional yang sangat penting. Pada masa itu, rakyat Indonesia bersatu untuk melawan penjajah berbekal nasionalisme yang tinggi.
Kemerdekaan yang berhasil diraih membawa bangsa Indonesia ke dalam fase pembangunan sebagai negara yang merdeka.

2. Jiwa dan Semangat Persatuan

Modal awal pembangunan nasional Indonesiai yang berikutnya adalah jiwa dan semangat persatuan bangsa. Hal ini karena keduanya menjadi kekuatan pendorong dalam membentuk negara yang kokoh dan berdaulat.
ADVERTISEMENT
Jiwa dan semangat persatuan bangsa terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan selama periode memperjuangkan kemerdekaan. Dengan semangat nasionalisme dan mengedepankan persatuan, bangsa Indonesia mampu bersatu padu untuk melawan penjajahan.

3. Wilayah Nusantara

Wilayah Nusantara merupakan salah satu modal awal pembangunan karena lokasinya sangat strategis. Indonesia berada di antara dua benua dan dua samudra. Letak geografis yang efektif juga memudahkan akses ke pasar internasional maupun meningkatkan peluang dalam perdagangan global.

4. Penduduk

Indonesia mempunyai struktur demografi yang sebagian besar penduduknya berada dalam usia produktif. Dengan jumlah penduduk yang produktif, Indonesia mengarahkan tenaga kerja yang besa. Selain itu, hal ini turut mendorong kemajuan sektor industri jasa pendidikan, dan lain-lain.

5. Adat Istiadat dan Budaya Bangsa

Modal awal pembangunan nasional yang berikutnya adalah adat istiadat dan budaya bangsa. Dengan karakteristik penduduk yang begitu beragam, hal ini akan mampu membangun semangat persatuan dan toleransi.
ADVERTISEMENT

6. Kekayaan Alam yang Beraneka Ragam

Harus diakui bahwa sumber daya alam di Indonesia sangat melimpah dan dijadikan modal awal pembangunan nasional. Hal ini mencakup hasil pertanian, perkebunan, keanekaragaman hayati, pertambangan mineral, dan lain sebagainya.
Itulah jawaban dari pertanyaan apa modal awal pembangunan nasional di Indonesia? Dengan begitu, dapat dipahami bahwa berbagai modal awal tersebut dapat mendorong pertumbuhan bangsa dan negara agar semakin sejahtera. (DLA)