Apakah Mandi Idul Adha Harus Keramas? Ini Penjelasannya dalam Ajaran Islam

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
8 Mei 2024 17:02 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi apakah mandi Idul Adha harus keramas. Sumber: pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi apakah mandi Idul Adha harus keramas. Sumber: pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Iduladha merupakan salah satu hari raya umat muslim yang bertepatan dengan pelaksanaan ibadah haji di tanah suci. Pada Hari Raya Iduladha, umat muslim akan menyembelih hewan kurban sebagai bentuk rasa syukur. Namun, yang sering menjadi pertanyaan adalah apakah mandi Idul Adha harus keramas?
ADVERTISEMENT
Sama seperti Idulfitri, umat muslim juga akan melaksanakan salat sunah saat Iduladha. Untuk itulah, umat muslim dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu sebelum melaksanakan ibadah tersebut. Akan tetapi, masih ada sebagian muslim yang bertanya-tanya mengenai boleh atau tidaknya keramas saat mandi sebelum salat Iduladha.

Apakah Mandi Idul Adha Harus Keramas?

Ilustrasi apakah mandi Idul Adha harus keramas. Sumber: pexels.com
Mengutip dari buku Fikih Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV, Yusak Burhanudin dan Muhammad Najib (2021:119), salat Iduladha adalah salat sunah dua rakaat yang dilaksanakan pada Hari Raya Iduladha. Secara umum, ketentuan salat Iduladha sama seperti ketentuan pada salat Idulfitri.
Lantas, apakah mandi Idul Adha harus keramas terlebih dahulu? Jawabannya adalah diperbolehkan, tapi tidak diwajibkan. Namun, sebagian ulama menganjurkan umat muslim untuk kerasa saat mandi dengan tujuan membersihkan rambut dan kulit kepala.
ADVERTISEMENT
Selain itu, perlu diketahui juga bahwa mandi besar Iduladha dapat dilakukan mulai dari tengah malam hingga subuh pada tanggal 10 Dzulhijjah. Namun, kegiatan mandi ini juga dapat dilakukan sebelum atau setelah salat subuh di hari itu.
Adapun dalil mandi sunah Iduladha dalam ajaran Islam mengikuti riwayat yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad saw mandi terlebih dahulu pada dua hari raya. Berikut adalah bunyi hadisnya.
Sementara itu, bagi umat muslim yang akan melakukan mandi besar sebelum melaksanakan ibadah salat sunah Iduladha, berikut adalah bacaan niat yang dapat dilafalkan.
ADVERTISEMENT
Demikian ulasan singkat yang dapat menjawab pertanyaan apakah mandi Idul Adha harus keramas atau tidak. (Anne)