Konten dari Pengguna

Apakah Tugas yang Tuhan Berikan kepada Yosua? Ini Jawabannya

Berita Terkini
Penulis kumparan
22 Desember 2023 20:52 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Apakah Tugas yang Tuhan Berikan kepada Yosua. Sumber: Unsplash/Brett Jordan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Apakah Tugas yang Tuhan Berikan kepada Yosua. Sumber: Unsplash/Brett Jordan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apakah tugas yang Tuhan berikan kepada Yosua? Yosua bin Nun merupakan tokoh yang menggantikan Musa untuk memimpin bangsa Israel. Yosua juga yang membawa bangsa Israel untuk masuk dan merebut tanah Kanaan.
ADVERTISEMENT
Sebelum menjadi pemimpin bangsa Israel, Yosua adalah pembantu Musa. Ia juga adalah salah satu pengintai yang dikirim oleh Musa untuk melihat tanah Kanaan.

Apakah Tugas yang Tuhan Berikan kepada Yosua?

Ilustrasi Apakah Tugas yang Tuhan Berikan kepada Yosua. Sumber: Unsplash/Aaron Burden
Yosua memiliki nama lahir Hosea, namun Musa mengganti namanya menjadi Yosua. Yosua lahir di Mesir, pada masa sebelum bangsa Israel keluar dari Mesir. Ia meninggal dunia di Kanaan, setelah mengatur pembagian tanah bagi tiap suku.
Apakah tugas yang Tuhan berikan kepada Yosua? Dikutip dari Santapan Rohani Anak Vol-1, Bowman dan McKinley (2016:25), Yosua menjadi pemimpin bangsa Israel setelah Musa meninggal. Allah memerintahkan Yosua untuk membawa bangsa tersebut ke tanah yang telah dijanjikan Allah.
Tetapi, mereka tidak bisa langsung masuk dan mendirikan kemah di tanah tersebut. Pertama, mereka harus menyeberangi Sungai Yordan yang saat itu sedang meluap. Selain itu, penduduk yang telah tinggal di negeri tersebut juga tidak ingin tinggal berdampingan dengan bangsa lain.
ADVERTISEMENT
Dengan kata lain, bangsa Israel ditolak untuk pindah ke negeri itu. Meskipun begitu, Yosua tetap memercayai dan menaati Allah. Yosua sudah siap untuk melaksanakan tugas yang diperintahkan oleh Allah.
Allah memerintahkan Yosua untuk menjadi kuat dan jangan merasa takut. Allah juga berjanji kepada Yosua bahwa Dia akan menyertai Yosua ke mana saja ia pergi.
Karena rasa taatnya kepada Allah, Yosua berkata kepada bangsanya untuk bersiap-siap menyeberangi Sungai Yordan dan memasuki tanah tersebut. Saat itu, ada keajaiban yang terjadi. Ketika para imam di barisan terdepan menginjakkan kaki ke Sungai Yordan, aliran air sungai dihentikan oleh Allah.
ADVERTISEMENT
Semua orang yang dipimpin oleh Yosua menyeberangi sungai di tanah yang kering. Seperti janji Allah, Allah menyertai Yosua.
Apakah tugas yang Tuhan berikan kepada Yosua? Tugas Yosua adalah memimpin bangsa Israel ke tanah yang sudah dijanjikan Allah. Semoga kisah ketaatan dan keberanian Yosua bisa dijadikan pelajaran. (KRIS)