Ayat-Ayat Al-Quran tentang Mawaris

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
4 Februari 2024 17:29 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tuliskan Salah Satu Ayat Al-Quran yang Berbicara tentang Mawaris. Sumber: Unsplash/GR Stocks
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tuliskan Salah Satu Ayat Al-Quran yang Berbicara tentang Mawaris. Sumber: Unsplash/GR Stocks
ADVERTISEMENT
Hukum Islam mengajarkan umatnya untuk mengatur pembagian harta warisan dengan benar dan adil agar setiap anggota keluarga dapat menikmati haknya. Tuliskan salah satu ayat Al-Quran yang berbicara tentang mawaris untuk mengetahui hukumnya.
ADVERTISEMENT
Ayat Al-Quran yang membahas tentang masalah waris adalah Surat An Nisa ayat 11. Pembagian harta warisan harus berdasarkan ilmu, karena ada hak dan kewajiban yang harus dihormati menurut hukum syariah.

Tuliskan Salah Satu Ayat Al-Quran yang Berbicara tentang Mawaris!

Ilustrasi Tuliskan Salah Satu Ayat Al-Quran yang Berbicara tentang Mawaris. Sumber: Unsplash/Ali Burhan
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kbbi.kemdikbud.go.id, kata warisan bermakna sesuatu yang diwariskan, seperti harta dan nama baik. Tata cara pembagian harta warisan di Indonesia sangat beragam, ada yang dibagi berdasarkan kepercayaan atau agama, hukum bahkan adat istiadat.
Karena negara ini mayoritas penduduknya beragama Islam, maka wajar jika hukum waris Islam digunakan dalam sebagian besar prosedur pembagian harta. Tuliskan salah satu ayat Al-Quran yang berbicara tentang mawaris.
ADVERTISEMENT
Artinya: "Allah mensyariatkan bagimu tentang (pembagian pusaka untuk) anak-anakmu. Yaitu: bahagian seorang anak lelaki sama dengan bagian dua orang anak perempuan; dan jika anak itu semuanya perempuan lebih dari dua, maka bagi mereka dua pertiga dari harta yang ditinggalkan; jika anak perempuan itu seorang saja, maka ia memperoleh separo harta.
Dan untuk dua orang ibu-bapa, bagi masing-masingnya seperenam dari harta yang ditinggalkan, jika yang meninggal itu mempunyai anak; jika orang yang meninggal tidak mempunyai anak dan ia diwarisi oleh ibu-bapanya (saja), maka ibunya mendapat sepertiga; jika yang meninggal itu mempunyai beberapa saudara, maka ibunya mendapat seperenam.
(Pembagian-pembagian tersebut di atas) sesudah dipenuhi wasiat yang ia buat atau (dan) sesudah dibayar hutangnya. (Tentang) orang tuamu dan anak-anakmu, kamu tidak mengetahui siapa di antara mereka yang lebih dekat (banyak) manfaatnya bagimu. Ini adalah ketetapan dari Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana"
ADVERTISEMENT
Pembagian harta warisan sebagaimana disebutkan dalam ayat 11 Al-Qur'an surat An Nisa adalah sebagai berikut.
Demikianlah jawaban dari pertanyaan tuliskan salah satu ayat Al-Quran yang berbicara tentang mawaris yang bisa dijadikan pedoman saat pembagian warisan. (glg)
ADVERTISEMENT