News
·
19 Maret 2021 16:35

Bacaan Lafadz Adzan dan Cara Menjawabnya dengan Benar

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Bacaan Lafadz Adzan dan Cara Menjawabnya dengan Benar (83901)
Ilustrasi bacaan lafadz adzan. Sumber foto : Pixabay
Bacaan lafadz adzan adalah panggilan yang dikumandangkan untuk menandai waktu sholat telah tiba. Panggilan ini sekaligus berfungsi sebagai seruan kepada umat Islam secara khusus agar menyegerakan sholat. Seseorang yang mengumandangkan adzan disebut muadzin. Secara umum, dalam adzan terdapat 7 lafal yang harus diserukan.
ADVERTISEMENT

Lafal Adzan secara Umum

Dalam buku berjudul Hafalan Bacaan Shalat karya Abizar Ramdani (Fillah Books: 2019) berikut in lafadz bacaan adzan yang harus kamu ingat.
1. Allahu akbar, Allahu akbar (diucapkan 2 kali): Allah Maha Besar, Allah Maha Besar.
2. Asyhadu Allaa ilaaha illa Allah (diucapkan 2 kali): Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah.
3. Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah (diucapkan 2 kali): Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah
4. Hayya ‘alash shalaah (diucapkan 2 kali): Mari kita menunaikan sholat.
5. Hayya ‘alal falaah (diucapkan 2 kali): Mari kita meraih kemenangan.
6. Allahu akbar Allahu akbar (diucapkan 1 kali): Allah Maha Besar, Allah Maha Besar.
7. Laa ilaaha illa Allah (diucapkan 1 kali): Tiada Tuhan selain Allah.
ADVERTISEMENT
Pada adzan subuh, terdapat sedikit perbedaan yakni menyelipkan kalimat taswib setelah lafal ‘Hayya ‘alal falaah” yakni ditambahkan “Asshalaatu khairu minnauum” artinya sholat lebih utama daripada tidur.

Cara Menjawab Adzan dengan Tepat

Adapun aktivitas menjawab adzan adalah amalan sunnah. Cara menjawab adzan dengan menirukan lafal adzan yang sedang dikumandangkan. Kecuali pada saat muadzin melafalkan “Hayya ‘alash shalaah” dan “Hayya ‘alal falaah” cara menjawabnya dengan kalimat “Laa haula waa quwwata illa billah” yang artinya, tiada daya dan upaya melainkan atas pertolongan Allah.
Sedangkan untuk kalimat taswib yang dilafalkan subuh, jawablah dengan kalimat berikut.
“Shadaqta wa bararta wa anaa ‘alaa dzaalika minasyyahidiin” artinya benar dan baguslah ucapanmu, dan akupun atas perkara yang demikian termasuk dari orang-orang yang menyaksikan.
ADVERTISEMENT
Ketika mengerti dan memahami bacaan lafal adzan, para muslim bisa membalas bacaan tersebut agar menambah pahala. Setelahnya, bisa segera bersiap mengambil air wudhu untuk melaksanakan sholat berjamaah di masjid. Dengan demikian, keutamaan adzan dan sholat berjamaah akan semakin dirasakan manfaatnya bagi siapa saja yang mengamalkannya. (Anggi Putri/RA)