Bagaimana Kesiapan Ekonomi Indonesia dalam Menghadapi Globalisasi?

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
22 Mei 2024 17:17 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Bagaimana kesiapan ekonomi Indonesia dalam menghadapi globalisasi? Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Julius Silver
zoom-in-whitePerbesar
Bagaimana kesiapan ekonomi Indonesia dalam menghadapi globalisasi? Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Julius Silver
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Globalisasi dalam bidang ekonomi adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari oleh negara manapun, termasuk Indonesia. Menjadi banyak pertanyaan adalah mengenai bagaimana kesiapan ekonomi Indonesia dalam menghadapi globalisasi.
ADVERTISEMENT
Untuk tetap kompetitif dalam era globalisasi, Indonesia harus memiliki kesiapan yang matang di berbagai sektor ekonomi. Pemerintah telah mengeluarkan sejumlah kebijakan strategis untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada.

Bagaimana Kesiapan Ekonomi Indonesia dalam Menghadapi Globalisasi? Ini Bentuk Kebijakannya

Bagaimana kesiapan ekonomi Indonesia dalam menghadapi globalisasi? Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Klaus
Mengutip dari buku Perlindungan Desain Industri di Indonesia dalam Era Perdagangan Bebas, Ranti Fauza Mayana, (2004), proses globalisasi merupakan kompetisi antarkualitas sumber daya manusia dan meningkatnya faktor produksi antarnegara yang kian erat terkait dengan aktivitas ekonomi.
Lalu, menjadi pertanyaan adalah bagaimana kesiapan ekonomi Indonesia dalam menghadapi globalisasi? Simak beberapa bentuk atau langkah kebijakan dari Indonesia sebagai berikut.

1. Menjalin Kerjasama Internasional

Kerjasama internasional merupakan salah satu pilar utama dalam strategi Indonesia menghadapi globalisasi. Indonesia aktif menjalin berbagai bentuk kerjasama dengan negara lain melalui perjanjian perdagangan bebas, serta kerjasama bilateral dan multilateral.
ADVERTISEMENT
Langkah ini bertujuan untuk memperluas akses pasar bagi produk Indonesia, menarik investasi asing, dan memperkuat posisi Indonesia dalam ekonomi global. Kerjasama ini juga menciptakan kesempatan bagi Indonesia untuk mengadopsi kegiatan ekonomi dari negara lain.

2. Peningkatan Kinerja Ekspor

Peningkatan kinerja ekspor merupakan kebijakan penting yang diterapkan pemerintah untuk memperkuat ekonomi Indonesia di tengah globalisasi. Ekspor adalah salah satu sumber utama pendapatan negara yang dapat meningkatkan devisa, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor Indonesia selalu naik setiap tahunnya. Surplus perdagangan yang tercipta menunjukkan bahwa Indonesia mampu meningkatkan daya saing produknya di pasar internasional.

3. Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul

Pengembangan SDM unggul adalah kebijakan fundamental untuk memastikan bahwa Indonesia memiliki tenaga kerja yang kompeten dan siap bersaing di pasar global. Pemerintah berupaya meningkatkan mutu pendidikan dari tingkat dasar hingga pendidikan tinggi.
ADVERTISEMENT
Selain itu, pengembangan vokasi dan kejuruan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja menjadi fokus utama. Investasi dalam penelitian dan pengembangan (litbang) juga ditingkatkan untuk mendorong inovasi dan penerapan teknologi baru.
Itulah bentuk kebijakan tentang bagaimana kesiapan ekonomi Indonesia dalam menghadapi globalisasi. Langkah-langkah ini diharapkan dapat memperkuat daya saing ekonomi Indonesia di kancah global dan menjadikan Indonesia sebagai negara penting di dunia. (RIZ)