Bentuk Peran Indonesia dalam Pengelolaan Proyek Industri Bersama di ASEAN

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
19 Februari 2024 21:22 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Apa Bentuk Peran Indonesia Dalam Pengelolaan Proyek Industri Bersama Di ASEAN, Foto: Unsplash/michal-rojek.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Apa Bentuk Peran Indonesia Dalam Pengelolaan Proyek Industri Bersama Di ASEAN, Foto: Unsplash/michal-rojek.
ADVERTISEMENT
Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) adalah organisasi di kawasan Asia Tenggara. Di organisasi ini, Indonesia telah melakukan kerjasama dalam berbagai bidang, seperti industri. Apa bentuk peran Indonesia dalam pengelolaan proyek industri bersama di ASEAN?
ADVERTISEMENT
Perlu diketahui bahwa pengelolaan proyek industri ini merupakan salah satu peran Indonesia dalam bidang ekonomi. Indonesia sebagai salah satu pendiri ASEAN tentunya memiliki peran yang sangat penting.

Ragam Bentuk Peran Indonesia dalam Pengelolaan Proyek Industri Bersama di ASEAN

Ilustrasi Apa Bentuk Peran Indonesia Dalam Pengelolaan Proyek Industri Bersama Di ASEAN, Foto: Unsplash/Mongkolchon Akesin.
Dikutip dari buku Ekonomi Negara Berkembang Anggota ASEAN Dalam Perspektif Islam karya Tri Anggoro Seto, S.E., M.M (2022: 66), dalam menjalin kerjasamanya di bidang ekonomi, negara-negara anggota ASEAN secara bersama-sama melebarkan sayap kerjasamanya dalam sektor industri.
Sektor industri yang dinaungi oleh negara-negara ASEAN sangat beragam. Semua bentuk kerjasama dalam proyek industri dilakukan untuk kemajuan bersama negara-negara anggota ASEAN.
Lantas, apa bentuk peran Indonesia dalam pengelolaan proyek industri bersama di ASEAN? Berikut penjelasannya.
ADVERTISEMENT

1. Kerjasama Ekonomi

Indonesia berpartisipasi aktif dalam upaya kerjasama ekonomi di ASEAN. Termasuk penciptaan pasar ekonomi bersama, penghapusan hambatan perdagangan, dan promosi investasi lintas batas.
Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan ekonomi yang mendorong pertumbuhan bersama.

2. Pembangunan Infrastruktur

Indonesia berpartisipasi dalam proyek infrastruktur dengan ASEAN, termasuk pengembangan jaringan transportasi, energi, dan telekomunikasi. Perbaikan infrastruktur akan membuat ASEAN lebih terintegrasi dan memfasilitasi pergerakan barang dan orang antar negara.

3. Inovasi dan Penelitian Kolaboratif

Indonesia berkontribusi pada program penelitian dan inovasi bersama ASEAN. Kerjasama tersebut mencakup pengembangan teknologi, pertukaran pengetahuan, dan promosi inovasi di berbagai sektor industri untuk meningkatkan daya saing bersama.

4. Pengelolaan Sumber Daya Alam

Indonesia sebagai negara dengan potensi sumber daya alam yang besar berperan dalam pengelolaan sumber daya alam bersama di ASEAN. Hal ini mencakup kerjasama di bidang pertanian, kehutanan, pertambangan, dan bidang lain yang berkaitan dengan sumber daya alam.
ADVERTISEMENT

5. Kemudahan Berusaha

Indonesia berkomitmen terhadap kemudahan berusaha di kawasan ASEAN. Langkah-langkah seperti penyederhanaan peraturan, perbaikan proses perizinan, dan harmonisasi kebijakan dapat berkontribusi pada pengelolaan proyek industri bersama yang lebih efisien.

6. Pendidikan dan Pelatihan

Indonesia berperan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia ASEAN melalui program pendidikan dan pelatihan. Hal ini mencakup pertukaran pelajar, peningkatan keterampilan tenaga kerja, dan peningkatan kapasitas di berbagai sektor industri.

7. Perlindungan Lingkungan Hidup

Indonesia bekerjasama dengan negara-negara ASEAN dalam perlindungan lingkungan hidup. Kerjasama ini mencakup bersama-sama mengatasi dampak industri terhadap lingkungan, melindungi ekosistem, dan memerangi perubahan iklim.
Melalui berbagai bentuk peran Indonesia dalam pengelolaan proyek industri bersama di ASEAN ini, diharapkan mampu mewujudkan tujuan bersama dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi. (Umi)
ADVERTISEMENT