Big Ben: Nama Menara Jam di London yang Populer

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
7 Maret 2024 17:03 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi nama menara jam di london - Sumber: pixabay.com/12019
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi nama menara jam di london - Sumber: pixabay.com/12019
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Nama menara jam di London yang sangat populer adalah Big Ben. Bisa dibilang bahwa Big Ben adalah menara yang menjadi ikon paling terkenal dari London, Inggris.
ADVERTISEMENT
Menariknya, banyak orang mengira bahwa Big Ben adalah keseluruhan dari bangunan menara jam tersebut. Padahal, sebenarnya, Big Ben adalah nama lonceng yang terdapat di dalam menara jam tersebut.

Nama Menara Jam di London adalah Big Ben

Ilustrasi nama menara jam di london - Sumber: pixabay.com/mary_r_smith
Berdasarkan buku Big Ben: The Bell, the Clock and the Tower, Peter MacDonald, (2004), nama menara jam di London yang menampung lonceng Big Ben ini resmi dikenal sebagai Elizabeth Tower. Sebelumnya dikenal sebagai Clock Tower.
Letaknya ada di sebelah utara Gedung Parlemen Britania Raya di Westminster, London. Menara ini dibangun pada tahun 1858 dan memiliki tinggi bangunan sekitar 96 meter.
Lonceng Big Ben merupakan salah satu lonceng terbesar di dunia yang masih berfungsi. Lonceng ini memiliki berat sekitar 13,5 ton dan pada awalnya dinamai "Great Bell of Westminster". Tapi, seiring berjalannya waktu lonceng ini lebih dikenal dengan nama Big Ben.
ADVERTISEMENT
Nama ini diyakini diambil dari nama Sir Benjamin Hall, yang merupakan seorang politisi yang bertanggung jawab atas pembangunan menara jam tersebut. Meskipun demikian, asal-usul nama Big Ben ini masih menjadi perdebatan sampai saat ini.
Big Ben adalah salah satu simbol paling ikonik dari kota London. Hampir semua orang di dunia mengenali menara jam ini dan mengasosiasikannya dengan kota tersebut. Foto Big Ben bahkan bisa dilihat di berbagai media, baik cetak maupun online.
Big Ben sering muncul dalam film, acara televisi, dan media lainnya, yang semakin memperkuat statusnya sebagai simbol populer dari London. Adanya Big Ben dalam budaya populer telah memperkuat daya tariknya di mata masyarakat dunia.
ADVERTISEMENT
Sekarang sudah tahu kan bahwa nama menara jam di London yang sangat populer adalah Big Ben, meskipun nama aslinya bukan itu. Selain menjadi penanda waktu yang penting bagi warga London, menara jam ini juga menjadi salah satu lambang kebanggaan sejarah dan budaya Britania Raya. (DNR)