Cara-Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha di Bidang DKV

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
23 Februari 2024 17:43 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara-Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha di Bidang DKV         Sumber Unsplash/Kelly Sikkema
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara-Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha di Bidang DKV Sumber Unsplash/Kelly Sikkema
ADVERTISEMENT
Lulusan SMK DKV sudah memiliki berbagai keterampilan sebagai modal awal membuka usaha. Selanjutnya, siswa akan diarahkan untuk menemukan cara-cara mengidentifikasi peluang usaha di bidang DKV.
ADVERTISEMENT
DKV atau Desain Komunikasi Visual adalah salah satu jurusan yang kini banyak diminati. Selain diarahkan dalam wirausaha, lulusan DKV memiliki berbagai pilihan untuk berkarier, seperti ilustrator, animator, desain grafis, dan editor.

Cara-Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha di Bidang DKV yang Perlu Diketahui

Ilustrasi Cara-Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha di Bidang DKV Sumber Unsplash/Boston Public Library
Bidang DKV memiliki banyak kesempatan dan peluang untuk usaha. Cara-cara mengidentifikasi peluang usaha di bidang DKV adalah sebagai berikut.

1. Mulai dari yang Sederhana

Sebagai pemula yang belum berpengalaman, lulusan DKV disarankan untuk memulai usaha dari yang sederhana. Cara menentukannya dengan mengetahui kelebihan dan keterampilan yang dikuasai.

2. Jeli Mencari Peluang

Manfaatkan waktu dengan melakukan riset di lingkungan sekitar. Peluang usaha yang baik adalah yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat.
Contohnya, jika lokasi rumah berada di kawasan industri, maka peluang usaha yang ada antara lain, jasa desain kemasan, sablon, plastik ramah lingkungan, atau alat penunjang pemasaran.
ADVERTISEMENT

3. Jangan Ragu Memulai

Pengusaha pemula adalah masa yang tepat untuk melakukan kesalahan-kesalahan. Jadi, jangan ragu dan takut untuk memulai.

4. Perkecil Risiko

Membatasi modal usaha yang dikeluarkan merupakan cara utama untuk memperkecil risiko usaha. Manfaatkan barang dan fasilitas yang telah ada di sekitar lingkungan.

5. Kolaborasi

Tawarkan proposal untuk melakukan kolaborasi dengan beberapa perusahaan. Bentuk kerja sama ini sekaligus dapat membuka jalan untuk dapat dikenal banyak orang
Contohnya dengan perusahaan kosmetik. Buat desain kemasan yang menarik untuk salah satu produk dengan angka penjualan tinggi.

Tujuan Kreativitas pada DKV

Ilustrasi Cara-Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha di Bidang DKV Sumber Unsplash/Goashape Studio
Diambil dari buku Pengantar DKV dalam Penerapan, Ricky Putra (2020:8), tujuan belajar mengolah kreativitas dalam DKV, adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
Terdapat cara-cara mengidentifikasi peluang usaha di bidang DKV bagi para lulusannya. Mulailah dari yang paling sederhana dengan memanfaatkan alat dan bahan yang sudah ada. (DK)