News
·
15 November 2020 15:09

Cara Cek NIK KTP Online Dijamin Valid Meski Dilakukan Lewat Rumah

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Cara Cek NIK KTP Online Dijamin Valid Meski Dilakukan Lewat Rumah (331903)
Ilustrasi Cara Cek NIK KTP online. Sumber: Kumparan
Cara cek NIK KTP online kini sudah bisa dilakukan dengan mudah meski kamu di rumah saja. Pada masa pandemi seperti sekarang, keberadaan cara praktis tersebut tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat yang memang membutuhkan akses data kependudukan secara cepat dan mudah.
ADVERTISEMENT
Jika dulu kita harus repot-repot datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Dukcapil terdekat hanya untuk mengecek NIK KTP, maka pada era digital seperti saat ini proses tersebut bisa diubah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan layanan pengecekan data kependudukan lewat layanan online Dukcapil.
Selain mudah dan praktis untuk diakses, cara cek NIK KTP online juga terbilang hemat waktu sebab kamu tidak perlu berlama-lama mengantre. Bagi kamu yang cukup sibuk dan tidak memiliki banyak waktu luang, alternatif layanan online tersebut juga tentu sangat cocok untuk dijadikan pilihan. Tak perlu khawatir soal validasi datanya, sebab informasi KTP tersebut bisa didapatkan lewat badan resmi milik pemerintah ya!
Untuk diketahui, NIK atau Nomor Induk Kependudukan merupakan serangkaian nomor unik yang terdiri dari 16 angka yang berfungsi untuk mengetahui indentitas penduduk Indonesia. Tak hanya sebatas deretan angka unik, NIK memiliki fungsi krusial yang berkaitan dengan administrasi. Baik digunakan saat pendaftaran pekerjaan, keperluan pernikahan, pembukaan rekening perbankan dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa cara cek NIK KTP online yang dapat kamu jajal meskipun #dirumahaja!
ADVERTISEMENT

Cara Cek NIK KTP Online Melalui Whatsapp dan SMS

Mengecek NIK KTP Online bisa dilakukan melalui WhatsApp. Caranya pun cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengirimkan pesan dengan format nama lengkap sesuai dengan nama yang tertera dalam KTP, diikuti dengan NIK dan kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota. Jika sudah pesan dikirim ke nomor Whatsapp 0813-2691-2479.
Sementara itu, cara mengecek keabsahan NIK KTP Online melalui SMS yakni dengan mengirimkan pesan ke nomor milik Disdukcapil Kemendagri 0815-3636-9999 yangmana format SMSnya adalah Cek#KTP#NIK. Meskipun kedua cara ini tidak instan, namun pengguna akan segera mendapat balasan sesuai dengan permohonan yang diajukan.

Cara Cek NIK KTP Online Melalui Media Sosial

Bagi kamu pengguna aktif media sosial Facebook dan Twitter, maka kamu dapat menghubungi Disdukcapil melalui personal chat dengan format #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan. Untuk diketahui akun facebook resmi Disdukcapil adalah Halo Dukcapil, dan akun twitter resmi Disdukcapil @ccdukcapil
ADVERTISEMENT

Cara Cek NIK KTP Online Melalui Situs Pemerintah

Teknologi semakin canggih, Kementerian Dalam Negeri turut mendukung dan memfasilitasi akses pencarian NIK KTP Online dengan menyediakan layanan melalui situs resmi mereka. Masyarakat yang hendak mengecek dan memastikan keabsahan NIK KTP Online bisa secara langsung mengaksesnya melalui alamat https://www.dukcapil.kemendagri.go.id/. Caranya pun gampang! Pengguna hanya perlu membuka browser dan mencari menu e-KTP yang kemudian memasukkan NIK pada kolom yang sudah disediakan lalu enter.
Nah! itulah sejumlah cara cek NIK KTP Online yang valid meskipun #dirumahaja. Selain ketiga cara diatas, pengguna juga dapat mengecek keabsahan NIK KTP Online melalui email dan juga call center dukcapil dengan melakukan panggilan hotline di nomor 1500-537. Sementara untuk mengecek melalui email pengguna hanya perlu mengirim surel dengan format isi badan email #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan dan dikirim ke alamat callcenter.dukcapil@gmail.com. Selamat mencoba! (HAI)
ADVERTISEMENT