Cara Melakukan Gerakan Berlari Bolak-Balik dengan Benar

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
4 Maret 2024 17:43 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi Cara Melakukan Gerakan Berlari Bolak-Balik. Sumber: Foto Unsplash/sporlab
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Melakukan Gerakan Berlari Bolak-Balik. Sumber: Foto Unsplash/sporlab
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara melakukan gerakan berlari bolak-balik harus dilakukan dengan benar. Gerakan lari bolak-balik disebut juga dengan shuttle run. Tujuan melakukan gerakan ini yakni untuk mengukur kelincahan seseorang untuk mengubah arah dengan cepat sambil melakukan gerakan.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan buku yang berjudul Cara Jitu Lulus Tes TNI-POLRI, Ratih Putri Pratiwi, S.Psi, (2014:67), shuttle run adalah gerakan lari membentuk angka delapan. Apabila melakukan gerakan ini jika tidak disiapkan atau dibiasakan, bisa membuat kepala menjadi pusing.
Oleh karenanya, dalam setiap olahraga yang dilakukan, cobalah shuttle run sejumlah beberapa kali agar terbiasa melakukannya. Lantas, bagaimana cara untuk melakukan gerakan lari bolak-balik atau shuttle run dengan benar?

Cara Melakukan Gerakan Berlari Bolak-Balik

Ilustrasi Cara Melakukan Gerakan Berlari Bolak-Balik. Sumber: Foto Unsplash/Steven Lelham
Adapun cara melakukan gerakan berlari bolak-balik dengan baik dan benar berdasarkan buku Panduan Sukses Tes BUMN & SPNS, Tim Presiden Eduka, (2020:408), adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan buku Panduan Sukses Tes BUMN & SPNS, Tim Presiden Eduka, (2020:408), olahraga ini menjadi salah satu tes dalam seleksi CPNS. Shuttle run adalah lari dengan lintasan membentuk angka 8.
Hal yang dinilai adalah jumlah waktu yang ditempuh untuk menyelesaikan tiga putaran berbentuk angka 8 tanpa menyentuh tiang. Idealnya 3x putaran dalam waktu 20 detik.
Intinya, semakin cepat maka poin yang diraih pun akan lebih besar. Sederhana dan gampang, tetapi memerlukan kecepatan dan kelincahan yang ekstra.
Kaki yang kurang kuat, kurang pemanasan, tidak hati-hati, atau penempatan kaki yang tidak tepat, dapat menyebabkan tergelincir atau bahkan mengakibatkan cedera otot atau terkilir.
ADVERTISEMENT
Cara melakukan gerakan berlari bolak-balik perlu dilakukan dengan baik dan benar agar tubuh dapat menerima manfaatnya. (Adm)