Tekno & Sains
·
6 November 2020 18:50

Cara Membuat Makalah Kuliah dengan Benar dan Mudah

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Cara Membuat Makalah Kuliah dengan Benar dan Mudah (28737)
Cara Membuat Makalah Kuliah/foto: Kumpara
Cara membuat makalah kuliah sering menjadi momok yang membuat seseorang merasa pusing. Tidak jarang jika banyak yang menggunakan jasa dibandingkan membuat makalah sendiri. Terlebih banyak sekali jenis makalah dan struktur di dalamnya. Struktur tersebut terdiri dari cover, kata pengantar, daftar isi, sampai daftar pustaka.
ADVERTISEMENT
Membuat makalah kuliah membutuhkan waktu yang cukup banyak. Hal ini dikarenakan membutuhkan bahan referensi yang sesuai dan tepat. Bagi Anda yang masih bingung cara membuat makalah, tapi ingin membuat sendiri, ini tip dan trik yang bisa dicoba.

Cara Membuat Makalah Kuliah dengan Menentukan Topik Pembahasan

Cara pertama yang benar dan mudah dilakukan adalah dengan menentukan topik pembahasan lebih dulu. Namun, ada beberapa yang temanya sudah ditentukan. Jika tema sudah ada, hal ini lebih mudah untuk melangkah dan menyelesaikannya. Jika belum ada tema, Anda bisa memilih topik yang sering Anda jumpai dan Anda kuasai.

Menentukan Judul Makalah

Cara membuat makalah kuliah yang mudah kedua adalah menentukan judul makalah. Membuat judul susah-susah gampang. Hal ini karena judul yang Anda buat harus menarik orang yang membacanya. Tentunya judul yang dipilih harus berhubungan dengan tema atau topik yang sudah ditentukan.
ADVERTISEMENT

Mengumpulkan Bahan Referensi

Mengumpulkan bahan referensi menjadi salah satu poin penting dalam pembuatan makalah. Anda harus mendapatkan referensi sebanyak-banyaknya sebagai bahan dalam pembuatan laporan. Anda bisa mengambilnya dari artikel, buku, jurnal, dan sebagainya. Selain itu, usahakan untuk mencari referensi yang terpercaya.

Menulis Makalah Secara Sistematis

Dalam membuat sebuah makalah dibutuhkan beberapa struktur di dalamnya. Seperti kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, pembahasan, dan penutup. Semua yang Anda tulis di dalamnya harus berdasarkan fakta agar dapat dipertanggungjawabkan nantinya. Selain itu, dalam membuat makalah, Anda harus objektif dalam memberikan solusi yang tepat.

Menyunting Makalah

Jika semua sudah selesai Anda buat, sebaiknya Anda melihat dan membacanya sekali lagi. Perhatikan jika ada kalimat yang salah dalam pengetikannya atau yang lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mengecek kesalahan ejaan dan bahasa yang dirasa kurang pas. Jika sudah yakin, Anda bisa mengumpulkan makalah tersebut.
ADVERTISEMENT
Bagaimana? Melihat trik di atas, cara membuat makalah kuliah sekarang terasa tidak terlalu menakutkan dan membosankan, bukan? Jika Anda memilih topik yang Anda sukai, membuat makalah pasti akan terasa lebih menyenangkan.(Anggi)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white