Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar Bikin Pusing? Say No More!

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
2 November 2020 18:04 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara membuat makalah yang baik dan benar dengan mudah dan simpel. Foto: Pinterest
zoom-in-whitePerbesar
Cara membuat makalah yang baik dan benar dengan mudah dan simpel. Foto: Pinterest
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara membuat makalah yang baik dan benar menjadi hal yang banyak dicari oleh para mahasiswa, khususnya mahasiswa baru yang masih menyesuaikan diri dengan tugas-tugas perkuliahan.
ADVERTISEMENT
Ada tugas perkuliahan yang mengharuskan mahasiswa untuk menyusun makalah, demi tercapainya nilai yang memuaskan, tentulah cara membuat makalah yang baik dan benar harus segera bisa dikuasai.

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar dengan Simpel

Ada beberapa cara membuat makalah yang baik dan benar yang bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana, seperti di bawah ini.
Topik Masalah
Hal pertama yang harus dilakukan sebagai cara membuat makalah yang baik dan benar ialah menemukan topik masalah yang ingin dibahas. Topik masalah yang sedang atau bisa terjadi, dan dirasa krusial.
Setelah menemukan topik, maka segera pelajari dengan memperbanyak referensi atau literatur dengan banyak membaca buku, mencari informasi secara online, atau berdiskusi dengan teman atau dosen pembimbing.
ADVERTISEMENT
Menyusun Outline / Garis Besar Makalah
Setelah menemukan topik dan memiliki referensi untuk pembahasannya, sudah saatnya beralih dalam cara menyusun makalah yang baik dan benar yang selanjutnya, yakni menyusun outline.
Outline atau garis besar makalah ini berfungsi sebagai "peta" atau "kerangka" di mana ide-ide akan dituliskan dalam makalah.
Mulai menulis
Tidak ada cara membuat makalah yang baik dan benar jika tidak segera dimulai dengan segera menuliskannya. Beberapa hal penting yang harus tercantum dalam makalah ialah pendahuluan, isi, serta penutup.
Namun, untuk makalah yang lebih sempurna, hal-hal di bawah ini harus termasuk di dalamnya.
Membuat makalah untuk yang pertama kali mungkin memang terasa sangat membingungkan, namun dengan cara membuat makalah yang baik dan benar seperti yang telah diuraikan, bila diterapkan akan membuat penyusunan makalah menjadi lebih mudah untuk dikerjakan.
ADVERTISEMENT
Memperluas pengetahuan dengan banyak membaca literatur juga bisa sangat membantu dalam penyusunan sebuah karya tulis.
(adelliarosa)