News
·
7 November 2020 10:50

Cara Membuat Makalah yang Benar Sesuai Kaidah PUEBI

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Cara Membuat Makalah yang Benar Sesuai Kaidah PUEBI (145324)
Doc : thirdside
Cara membuat makalah yang benar sesuai PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia), kamu harus memperhatikan tata bahasa dan kosa kata yang merupakan kunci utama dari aturan bahasa indonesia yang harus diterapkan dengan semestinya.
ADVERTISEMENT
Makalah merupakan karya tulis yang berbentuk dari formalitas sehingga semua kosa kata dan kalimat yang terdapat pada makalah diharuskan mengikuti kaidah PUEBI terbaru dengan baik dan benar.
Tidak jarang lho banyak makalah yang diajukan sering direvisi kembali karena kesalah kecil yang berakibat fatal. Kesalahan kecil yang dimaksud di sini ialah tata cara penulisan sesuai kaidah PUEBI yang benar.

Sesuai Kaidah PUEBI Perhatikan Cara Membuat Makalah yang Benar dan Mudah Dipahami

Dalam penulisan sebuah makalah, kamu perlu memperhatikan mengenai penulisan serta bahasa yang digunakan. Bahasa yang digunakan dalam makalah biasanya bahasa yang baku atau sesuai PUEBI.
PUEBI sendiri adalah rangkaian aturan yang wajib digunakan dan ditaati dalam tulisan bahasa indonesia resmi. PUEBI mencakup penggunaan dalam 12 hal, yaitu:
ADVERTISEMENT
Penggunaan huruf besar (kapital) Tanda koma Tanda titik Tanda seru Tanda hubung Tanda titik koma Tanda tanya Tanda petik Tanda titik dua Tanda kurung Tanda elipsis Tanda garis miring
Sedangkan untuk makalah internasional kamu harus menggunakan bahasa Inggris agar dapat diterima juga secara internasional. Pemilihan bahasa dalam penulisan makalah turut menentukan bobot kualitas dari makalah yang kamu tulis.
Tujuan pemilihan kata yang baik dan benar adalah agar pembaca mampu memahami maksud yang ingin kamu sampaikan dalam makalah. Selain itu untuk menghindari kemungkinan adanya salah tafsir atau minim pemahaman terhadap esensi makalahmu.
Sebab itu, pemilihan kata harus baku atau ilmiah serta tepat sasaran, langsung masuk pada poin namun tetap informatif, dan disertai contoh yang konkret sehingga memudahkan pembaca untuk memahaminya.
ADVERTISEMENT
Penggunaan PUEBI sangat dibutuhkan dalam cara membuat makalah yang benar agar sebuah karya makalah dapat tersusun dengan baik dan mudah dipahami oleh pembaca.
(RN)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white