Konten dari Pengguna

Cara Menghapus Dosa Zina Agar Diampuni Allah SWT

Berita Terkini
Penulis kumparan
10 Maret 2022 18:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi artikel Cara Menghapus Dosa Zina Agar Diampuni Allah SWT. Sumber: unsplash.com/Engin Akyurt
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi artikel Cara Menghapus Dosa Zina Agar Diampuni Allah SWT. Sumber: unsplash.com/Engin Akyurt
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perbuatan zina adalah perbuatan yang berdosa dan sangat dilarang dalam Islam. Menurut buku Jangan Dekati Zina oleh Hafidz Muftisany, pengertian zina adalah perbuatan bersetubuh antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram atau bukkan pasangan halal. Perbuatan tersebut dilakukan di luar hubungan pernikahan.
ADVERTISEMENT
Pelaku zina dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu zina muhsan dan zina ghairu muhsan. Zina muhsan adalah zina yang dilakukan orang-orang yang sudah menikah. Sedangkan zina ghairu muhsan adalah perbuatan zina yang dilakukan mereka yang belum menikah.
Larangan berbuat zina tercantum dalam Surat Al Isra ayat 32 yang berbunyi:
"Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk." (QS. Al-Isra:32).
Perbuatan zina menimbulkan berbagai dampak, selain dosa, zina yang dilakukan dengan berganti-ganti pasangan dapat menimbulkan penyakit. Bagi yang sudah menikah dapat membuat hancurnya rumah tangga.
Meskipun begitu, masih ada kesempatan bagi orang sudah melakukan perbuatan zina untuk menghapus dosanya. Berikut ini adalah penjelasannya.
Ilustrasi artikel Cara Menghapus Dosa Zina Agar Diampuni Allah SWT. Sumber: unsplash.com/Travis Grossen

Cara Menghapus Dosa Zina

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghapus dosa perbuatan zina:
ADVERTISEMENT
Bertaubat adalah cara pertama yang bisa dilakukan para penzina untuk menghapuskan dosanya. Bertaubat harus dilakukan dengan ikhlas. Jika memang benar-benar ikhlas dalam bertaubat kepada Allah SWT, maka Allah akan menghidupkan hatinya untuk selalu taat dan beribadah kepada-Nya serta menjauhi segala hal yang dilarang-Nya.
Seseorang yang ingin bertaubat, haruslah mempelajari dan memperdalam ilmu agama sehingga ia dapat membedakan mana yang benar mana yang salah serta mempunyai petunjuk dalam menjalani hidup yang lurus.
Berdoa dan beristighfar kepada Allah SWT atas perbuatan yang telah dilakukan serta memohon kepada Allah SWT secara tulus agar Allah mengampuni dosa-dosa yang telah dilakukan.
ADVERTISEMENT
Jika memutuskan bertaubat dari perbuatan zina, maka harus menghindari dan berkomitmen untuk tidak mengulanginya lagi. Caranya adalah membentengi agar tidak mudah tergoda dan pandai-pandai memilih teman yang tidak menjerumuskan.
Ilustrasi artikel Cara Menghapus Dosa Zina Agar Diampuni Allah SWT. Sumber: unsplash.com/Zoriana Stakhniv
Itulah penjelasan mengenai cara menghapus dosa zina agar diampuni Allah SWT. Semoga bermanfaat untuk anda. (IND)