Contoh Penawaran Beasiswa Pendidikan di Negara Anggota ASEAN

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
18 Februari 2024 18:09 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Contoh Penawaran Beasiswa Pendidikan di Negara Anggota ASEAN. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Sangga Rima Roman Selia
zoom-in-whitePerbesar
Contoh Penawaran Beasiswa Pendidikan di Negara Anggota ASEAN. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Sangga Rima Roman Selia
ADVERTISEMENT
Ada beberapa contoh penawaran beasiswa pendidikan di Negara Anggota ASEAN. Penawaran ini tentu bisa menjadi sebuah kesempatan bagi siapa saja yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.
ADVERTISEMENT
Adanya beasiswa dari negara-negara anggota ASEAN tentunya menjadi peluang yang menarik, terutama bagi mereka yang ingin kuliah di luar negeri tapi terkendala dengan biaya. Ada beberapa beasiswa yang diberikan oleh negara-negara anggota ASEAN.

Contoh Penawaran Beasiswa Pendidikan di Negara Anggota ASEAN yang Bisa Dimanfaatkan

Contoh Penawaran Beasiswa Pendidikan di Negara Anggota ASEAN. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Sangga Rima Roman Selia
Dikutip dari laman Sekretariat Nasional ASEAN, setnasasean.id, pendidikan adalah salah satu bidang yang penting untuk ditingkatkan dalam kerja sama antara negara-negara anggota ASEAN.
Salah satu program yang ada di antara negara-negara ASEAN adalah program beasiswa. Beasiswa adalah bantuan finansial yang diberikan oleh pihak penyelenggara kepada penerima beasiswa untuk menutupi biaya pendidikan, baik di dalam maupun luar negeri.
Berikut adalah beberapa contoh penawaran beasiswa pendidikan di negara anggota ASEAN yang dapat menjadi referensi bagi yang ingin melanjutkan studi di kawasan ini.
ADVERTISEMENT

1. Malaysia International Scholarship (MIS)

Program beasiswa ini didanai oleh pemerintah Malaysia dan ditujukan bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi S2 atau S3 di universitas-universitas terkemuka di Malaysia.
Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, tunjangan hidup, tiket pesawat pulang pergi, asuransi kesehatan, dan biaya visa. Beberapa bidang studi yang ditawarkan adalah sains dan teknologi, ekonomi dan pembangunan, budaya dan sosial, serta pendidikan dan kesehatan.

2. ASEAN Scholarship

Program beasiswa ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Singapura dan ditujukan bagi pelajar dari negara-negara anggota ASEAN yang ingin melanjutkan pendidikan menengah atas (SMA) atau diploma di Singapura.
Beasiswa ini mencakup biaya sekolah, tunjangan hidup, tiket pesawat pulang pergi, asuransi kesehatan, dan biaya ujian. Beberapa sekolah yang menjadi mitra program ini adalah Raffles Institution, Hwa Chong Institution, Nanyang Polytechnic, dan Singapore Polytechnic.
ADVERTISEMENT

3. Thailand International Postgraduate Programme (TIPP)

Selain dua beasiswa tersebut masih ada beasiswa yang dikenal dengan Thailand International Postgraduate Programme (TIPP).
Beasiswa ini merupakan beasiswa dari Kementerian Urusan Luar Negeri Thailand dan ditujukan bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi S2 di universitas-universitas terkemuka di Thailand.
Itulah beberapa contoh penawaran beasiswa pendidikan di negara anggota ASEAN. Beasiswa tersebut bisa dimanfaatkan untuk melanjutkan studi ke jenjang berikutnya. (WWN)