Tekno & Sains
·
13 Januari 2021 15:11

Contoh Rantai Makanan di Sungai dan Pengertiannya yang Perlu Diketahui

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Contoh Rantai Makanan di Sungai dan Pengertiannya yang Perlu Diketahui (13483)
Ilustrasi Rantai makanan di sungai sumber : Materi IPA Com
Rantai makanan terjadi di berbagai ekosistem, termasuk sungai. Lantas, adakah contoh rantai makanan di sungai?
ADVERTISEMENT
Sebelum beranjak pada contoh rantai makanan di sungai, sebelumnya terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu rantai makanan. Rantai makanan adalah peristiwa makan-dimakan yang dilakukan oleh makhluk hidup sebagai upaya memenuhi kebutuhan makanan yang merupakan sumber nutrisi, pertumbuhan, dan juga reproduksi.
Di dalam rantai makanan terhadap tingkatan yang dinamakan dengan trofik. Trofik dasar ditempati oleh makhluk hidup yang berperan sebagai produsen sebagai penyedia makanan, dan biasanya bisa memproduksi makanannya sendiri, misalnya tumbuhan.
Sementara, hewan dan manusia menempati trofik selanjutnya, karena merupakan organisme yang memakan organisme lainnya untuk memenuhi kebutuhan makanannya.

Contoh Rantai Makanan di Sungai

Dalam rantai makanan, terdapat tingkatan sebagai berikut:
  • Produsen - konsumen tingkat satu - konsumen tingkat dua - konsumen tingkat tiga, kemudian pengurai atau dekomposer.
ADVERTISEMENT
Dekomposer menempati posisi tertinggi karena bersifat menguraikan makhluk hidup meskipun berada di puncak rantai makanan. Berikut ini adalah contoh rantai makanan di sungai:
  1. Alga - ikan sepat - bangau - buaya - pengurai: Alga berada di posiso terbawah setelah dimakan oleh ikan sepat sebagai konsumen tingkat I. Bangau merupakan konsumen tingkat 2, sementara buaya berada di puncak rantai makanan karena secara alamiah, tidak ada pemangsa bagi buaya. Namun, saat buaya mati, ia akan diuraikan oleh bakteri pengurai atau dekomposer.
  2. Fitoplankton - keong mas - ikan - manusia - pengurai: Manusia secara alami tidak memiliki pemangsa, sehingga bisa dikatakan kita berada di puncak rantai makanan setelah memakan ikan yang telah memakan keong mas.
  3. Alga - siput kecil - burung kecil - ular - pengurai: Alga di sini berperan sebagai produsen, sementara siput kecil merupakan konsumen tingkat I yang kemudian dimakan burung kecil, yang juga kemudian menjadi mangsa bagi ular.
ADVERTISEMENT
Demikian adalah contoh rantai makanan di sungai, semoga bermanfaat! (Adelliarosa)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white