News
·
24 Januari 2021 10:24

Contoh Resume Makalah, Mulai dari Pembahasan hingga Simpulannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Contoh Resume Makalah, Mulai dari Pembahasan hingga Simpulannya (987207)
searchPerbesar
Contoh Resume Makalah, Foto: Dok, uprint
Contoh resume makalah yang baik akan diulas di sini. Tapi, sebelum mengetahui contohnya ketahui terlebih dahulu apa itu resume. Resume merupakan ringkasan atau rangkuman sebuah karya tulis yang panjang, kemudian dipersingkat dan diambil bagian yang pentingnya saja.
ADVERTISEMENT
Resume merupakan sebuah cara yang efektif untuk menyajikan karangan yang panjang dalam tulisan yang singkat. Sebab, ringkasan mulanya ini berawal dari karangan sumber yang panjang, kemudian dipangkas dengan mengambil hal atau bagian pokok dari sebuah karya tulis.
Meskipun demikian, resume terkadang disamakan dengan ikhtisar, padahal berbeda. Singkatnya, resume mengandung gagasan pokok atau intisari, biasanya hamper sama dengan gagasan pokok kalimat dalam sebuah teks. Sedangkan ikhtisar itu bersifat bebas yang dibuat menggunakan kalimat dan pemahaman sendiri ketika menjelaskan sebuah bacaan.
Resume sendiri ada banyak jenisnya, salah satunya resume dari makalah. Nah, berikut ini contoh resume makalah yang diharapkan bisa membantu kamu dalam memahami dan membuatnya.

Contoh Resume Makalah Berjudul Melatih Keterampilan Membaca

Saat membuat resume makalah, biasanya dibagi menjadi beberapa bagian seperti pendahuluan, pembahasan, dan juga simpulannya. Berikut contoh resume makalah yang didapatkan dari berbagai sumber.
ADVERTISEMENT
Pendahuluan
Membaca tidak hanya membaca, namun membaca diperlukan keterampilan. Adapun cara untuk melatih keterampilan sebagai berikut: Membaca dengan konsentrasi tinggi dan penghayatan, gunakan intonasi dan lafal yang tepat ketika membaca sebuah bacaan, membaca tidak dengan tergesa-gesa, dan membaca dianjurkan dengan penuh ekspresi.
Pembahasan
Membaca bisa dilakukan dengan beberapa teknik dasar, diantaranya seperti: membaca dengan bersuara (dilakukan untuk menikmati bacaan dengan cara menangkap informasi), membaca dalam hati (membaca ekstensif dan membaca intensif).
Membaca dengan bersuara biasanya dilakukan dengan membaca keras oleh pembaca. Adapun membaca di dalam hati secara umum disamakan dengan kegiatan membaca yang lebih mengerti dan memahami sebuah bacaan. Padahal kedua-duanya sama saja, di dalam membaca perlu sebuah proses memahami.
ADVERTISEMENT
Selain itu yang paling penting ketika membaca adalah proses memahami. Di dalam membaca sebuah buku, jurnal, portal, sosial media, majalah, koran dan sebagainya perlu pemahaman karena pembaca sedang menangkap pesan yang disampaikan penulis.
Secara umum membaca memang dipahami sebagai kegiatan menganalisis, meresepsi bahkan menginterpretasi pesan yang disampaikan oleh penulis. Sehingga memang diperlukan konsentrasi penuh untuk memahami sebuah bacaan.
Simpulan
Membaca memang tidak mudah dilakukan. Itu karena membaca tidak hanya sekedar membaca, namun juga diperlukan pemahaman. Membaca memerlukan pemahaman untuk menangkap maksud penulis. Bila tidak dibarengi dengan pemahaman yang mendalam biasanya akan terjadi kesalahan dalam menangkap isi penulis.
Beberapa cara untuk membaca yang lebih efektif dengan membaca dengan bersuara. Teknik ini biasanya digunakan untuk lebih menangkap informasi karena dilakukan dengan cara menikmati bacaan. Selain itu, membaca juga dapat dilakukan dengan cara membaca di dalam hati. Biasanya dilakukan dengan cara membaca ekstensif dan membaca intensif.
ADVERTISEMENT
Itulah contoh resume makalah mulai dari pendahuluan hingga simpulannya. Semoga dapat membantu dan bermanfaat ya!
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white