Doa Setelah Sholat Hajat dan Keutamaan Mengerjakan Sholat Hajat

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
21 Januari 2021 19:10 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mengerjakan Sholat Hajat sebagai Usaha Mencapai Cita-Cita. Foto: dok The New Arab
zoom-in-whitePerbesar
Mengerjakan Sholat Hajat sebagai Usaha Mencapai Cita-Cita. Foto: dok The New Arab
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Memiliki sederet permohonan dan cita-cita dalam kehidupan memang sesuatu yang lumrah dimiliki. Untuk dapat mencapai semua keinginan dan cita-cita yang kita miliki tentu kita perlu berusaha, baik itu dengan bekerja dan belajar lebih giat atau pun mencoba segala kesempatan yang ada.
ADVERTISEMENT
Di samping itu, hal yang juga tak kalah penting adalah memanjatkan doa dan menyerahkan kepada Allah. Nabi juga mengajarkan untuk mengerjakan sholat hajat dan membaca doa setelah sholat hajat sebagai usaha mencapai cita-cita.

Doa Setelah Sholat Hajat dan Sederet Keutamaan Mengerjakan Sholat Hajat

Memanjatkan Doa Setelah Menjalankan Sholat Hajat. Foto: dok Learn Religions
Sholat hajat yang merupakan salah satu ibadah sunnah yang Nabi ajarkan kepada kita sebagai perwujudan permohonan terkabulnya doa dan juga cita-cita yang kita miliki. Tentunya dengan mengerjakan sholat hajat ini adalah wujud kita tawakal atas qodar Allah dan memohon kepada Allah untuk mengabulkan hajat atau permintaan kita. Berikut ini adalah doa setelah sholat hajat dan artinya:
ADVERTISEMENT
Artinya: "Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Maha Mulia, Maha Suci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang besar. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan hal-hal yang memastikan ampunan-Mu, dan terpelihara dari semua dosa yang menjarah setiap kebaikan dan selamat dari semua dosa. Janganlah Engkau tinggalkan suatu dosa pun bagiku, melainkan Engkau mengampuninya, dan tidak pula kesusahan melainkan Engkau berikan penawar kepadanya dan tidak pula suatu keperluan yang diridhai oleh-Mu melainkan Engkau memastikan buatku, wahai Yang Maha Penyayang di antara para penyayang."
Doa setelah sholat hajat ini dipanjatkan setelah Anda mengerjakan sholat hajat. Sholat hajat dilakukan sebanyak dua rakaat dengan bacaan yang biasa Anda gunakan untuk mengerjakan sholat wajib atau sholat sunnah lainnya. Sholat hajat ini juga memiliki keutamaan lainnya selain dapat memperoleh keinginan kita setelah memintakannya kepada Allah.
ADVERTISEMENT
Keutamaan lainnya dari sholat hajat adalah Anda akan menjadi salah satu hamba Allah yang diampuni dosa-dosanya dan juga ditinggikan derajatnya. Balasan yang dijanjikan Allah kepada kita ini sebab Allah sangat mencintai hamba-Nya yang mau beramal sholih dengan rutin dan juga memperbanyak ibadah sholat di waktu senggangnya. Itu dia doa setelah sholat hajat dan juga sederet keutamaan yang dapat Anda peroleh jika mengerjakan sholat hajat secara rutin. Semoga kita tetap istiqomah dalam mengerjakan kebaikan. (DA)