Dua Alasan Utama Harus Mengurangi Sumber Daya Eksternal dalam Perencanaan SDM

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
22 April 2024 20:30 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Jelaskan Dua Alasan Mengurangi Sumber Daya Eksternal. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Israel Andrade
zoom-in-whitePerbesar
Jelaskan Dua Alasan Mengurangi Sumber Daya Eksternal. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Israel Andrade
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Era globalisasi telah merubah segalanya termasuk dalam pengelolaan perusahaan. Misalnya, perusahaan mulai mempertimbangkan untuk mengurangi sumber daya eksternal. Jelaskan dua alasan mengurangi sumber daya eksternal dalam perencanaan SDM!
ADVERTISEMENT
Penggunaan sumber daya eksternal sendiri memiliki beberapa contoh misalnya pada penggunaan konsultan, agen pencari kerja, serta tenaga asing. Banyak pihak yang menilai penggunaan sumber daya ini akan menguntungkan, tetapi ada juga yang berpendapat sebaliknya.

Jelaskan Dua Alasan Mengurangi Sumber Daya Eksternal! Ini Jawabannya

Jelaskan Dua Alasan Mengurangi Sumber Daya Eksternal. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Alex Kotliarskyi
Dikutip dari Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia karya Sutadji, (2010) sumber daya manusia merupakan bagian penting dalam pengelolaan perusahaan.
Di era seperti sekarang ini ada banyak perusahaan yang menggunakan sumber daya eksternal. Akan tetapi banyak pihak yang menyarankan bahwa dalam pengelolaan sumber daya manusia, perusahaan tidak boleh mengandalkan sumber daya eksternal.
Sekarang coba jelaskan dua alasan mengurangi sumber daya eksternal dalam perencanaan SDM bisa menguntungkan! Berikut uraiannya.
ADVERTISEMENT

1. Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Biaya

Menggunakan sumber daya eksternal dalam perencanaan SDM seringkali membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Biaya ini termasuk biaya konsultan, biaya agen pencari kerja, gaji tenaga kerja asing, dan biaya pelatihan.
Di sisi lain, mengembangkan SDM internal dapat dilakukan dengan lebih hemat biaya. Perusahaan dapat berinvestasi dalam pelatihan dan pengembangan karyawan yang sudah ada, sehingga meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka.
Hal ini akan membuat mereka lebih produktif dan loyal terhadap perusahaan.

2. Meningkatkan Kecocokan Budaya dan Kinerja

Karyawan yang direkrut dari luar perusahaan mungkin tidak memiliki pemahaman yang baik tentang budaya dan nilai-nilai perusahaan. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam adaptasi dan kerjasama dengan tim yang sudah ada.
Sebaliknya, karyawan yang dikembangkan secara internal umumnya memiliki pemahaman yang lebih baik tentang budaya dan nilai-nilai perusahaan. Mereka juga lebih termotivasi untuk mencapai tujuan perusahaan karena mereka merasa dihargai dan diinvestasikan.
ADVERTISEMENT
Guna mengurangi ketergantungan pada penggunaan sumber daya eksternal ada beberapa hal yang bisa dilakukan perusahaan. Yang pertama pastinya melakukan analisis kebutuhan SDM secara menyeluruh sehingga perencanaan bisa berjalan dengan baik.
Selain itu, perusahaan juga harus mengembangkan program pelatihan dan pengembangan internal. Pengembangan program pelatihan sebenarnya adalah investasi jangka panjang bagi perusahaan.
Jadi kesimpulannya jawaban dari pertanyaan jelaskan dua alasan mengurangi sumber daya eksternal adalah meningkatkan efisiensi serta budaya organisasi. Oleh sebab itu, perusahaan diharapkan memaksimalkan sumber daya internal. (WWN)