Konten dari Pengguna

Empat Musim yang Terjadi di Belahan Bumi Utara dan Selatan

Berita Terkini
Penulis kumparan
13 Maret 2024 17:35 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Sebutkan Empat Musim yang Terjadi di Belahan Bumi Utara dan Selatan!      Sumber Unsplash/Zero Take
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sebutkan Empat Musim yang Terjadi di Belahan Bumi Utara dan Selatan! Sumber Unsplash/Zero Take
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebutkan empat musim yang terjadi di belahan bumi utara dan selatan! Soal ini bagian dari tugas Fisika untuk siswa kelas 9.
ADVERTISEMENT
Perubahan musim terjadi akibat pengaruh revolusi. Revolusi adalah perputaran bumi mengelilingi matahari.

Sebutkan Empat Musim yang Terjadi di Belahan Bumi Utara dan Selatan! Ini Jawabannya

Ilustrasi Sebutkan Empat Musim yang Terjadi di Belahan Bumi Utara dan Selatan! Sumber Unsplash/Simon Berger
Belahan bumi utara dan selatan memiliki empat musim. Diambil dari buku IPA Fisika Jilid 3, Mikrajuddin Abdullah (2007:179), berikut adalah jawaban untuk soal sebutkan empat musim yang terjadi di belahan bumi utara dan selatan.
Empat musim yang terjadi di belahan bumi utara dan selatan, adalah musim semi (spring), musim panas (summer), musim gugur (autumn), dan musim dingin (winter).
Meskipun keduanya mengalami musim yang sama, namun pada setiap periodenya, belahan bumi utara dan selatan memiliki musim yang berlawanan.

Pembagian Periode Musim yang Terjadi di Belahan Bumi Utara dan Selatan

Ilustrasi Sebutkan Empat Musim yang Terjadi di Belahan Bumi Utara dan Selatan! Sumber Unsplash/Jeremy Bishop
Terdapat pembagian periode musim yang terjadi di belahan bumi utara dan selatan. Periode tersebut adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT

1. 21 Maret - 21 Juni

Pada tanggal 21 Maret, belahan bumi utara dan selatan menerima penyinaran matahari dalam jumlah yang sama. Matahari tampak mulai bergerak ke arah utara.
Daerah di belahan bumi utara mulai menerima penyinaran matahari lebih banyak. Pada saat ini, daerah di belahan bumi utara mulai memasuki musim semi.
Sebaliknya, daerah di belahan bumi selatan mulai menerima penyinaran matahari yang makin sedikit. Saat ini daerah tersebut memasuki musim gugur.

2. 21 Juli - 23 September

Pada tanggal 21 Juli, matahari berada di posisi paling utara dan mulai bergerak ke selatan. Belahan bumi utara mulai menerima penyinaran matahari yang makin berkurang.
Pada saat ini, belahan bumi utara mulai memasuki musim panas. Sebaliknya, daerah di belahan bumi selatan mulai menerima penyinaran matahari yang bertambah.
ADVERTISEMENT
Saat ini daerah tersebut mulai memasuki musim dingin. Musim ini berlangsung hingga 23 September.

3. 23 September - 22 Desember

Pada tanggal 23 September, matahari kembali mencapai khatulistiwa dan mulai bergerak ke selatan. Penyinaran matahari di belahan bumi utara terus berkurang, dan di belahan bumi selatan terus bertambah.
Saat ini belahan bumi utara memasuki musim gugur. Sebaliknya, belahan bumi selatan mengalami musim semi.

4. 22 Desember - 21 Maret

Pada tanggal 22 Desember, matahari berada pada posisi paling selatan dan sekarang mulai bergerak ke utara. Daerah di belahan bumi utara mulai menerima penyinaran matahari yang bertambah.
Sebaliknya, daerah di belahan bumi selatan mulai mendapat penyinaran matahari yang berkurang. Saat ini, belahan bumi utara memasuki musim dingin, dan belahan bumi selatan memasuki musim panas.
ADVERTISEMENT
Sebutkan empat musim yang terjadi di belahan bumi utara dan selatan! Empat musim tersebut adalah musim semi, musim gugur, musim panas, dan musim dingin. (DK)