Konten dari Pengguna

Filosofi dan Makna Simbol Cincin dalam Perkawinan

Berita Terkini
Penulis kumparan
20 Mei 2024 17:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Makna simbol cincin dalam perkawinan - Sumber: pixabay.com/pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Makna simbol cincin dalam perkawinan - Sumber: pixabay.com/pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Makna simbol cincin dalam perkawinan merupakan hal yang paling dikenal dalam pernikahan di berbagai budaya di seluruh dunia. Cincin yang memiliki bentuk kecil dan sederhana, ternyata kaya akan makna.
ADVERTISEMENT
Cincin perkawinan mengandung filosofi yang mendalam dan menyentuh tentang cinta, komitmen, dan kesetiaan. Pemahaman mengenai filosofi dan maknanya ini sebaiknya diketahui dulu oleh calon mempelai sebelum menikah.

Apa Makna Simbol Cincin dalam Perkawinan?

Ilustrasi Makna simbol cincin dalam perkawinan - Sumber: pixabay.com/frankyfromgermany
Berdasarkan keterangan di buku Let's Get Married, Panduan Lengkap Menuju Resepsi Pernikahan, Lita Zakaria, dkk, (2007), salah satu aspek paling menonjol dari cincin kawin adalah bentuknya yang melingkar.
Lingkaran tidak memiliki awal atau akhir, yang melambangkan keabadian. Dalam konteks pernikahan, ini menggambarkan cinta yang abadi dan komitmen yang tanpa akhir antara pasangan.
Ketika sepasang suami istri saling mengenakan cincin, mereka berjanji untuk mencintai dan menghormati satu sama lain seumur hidup mereka. Makna simbol cincin dalam perkawinan inilah yang disamakan dengan konsep lingkaran yang tidak terputus.
ADVERTISEMENT
Cincin perkawinan juga melambangkan kesetiaan dan persatuan. Ketika pasangan bertukar cincin, mereka menyatakan kesetiaan mereka satu sama lain di hadapan keluarga, teman, dan Tuhan.
Cincin yang melingkar di jari menjadi simbol atau pengingat setiap hari akan janji yang telah mereka buat. Ini menjadi tanda lahiriah dari ikatan batin yang menghubungkan mereka.
Proses pertukaran cincin dalam upacara pernikahan adalah momen yang sangat sakral. Saat memakaikan cincin ke jari pasangan, mereka mengucapkan janji-janji pernikahan yang penuh makna.
Tindakan ini bukan hanya sebuah tradisi, tetapi juga simbolis dari pemberian diri sepenuhnya kepada pasangan. Setiap kali melihat cincin di jari mereka, pasangan akan diingatkan akan komitmen yang telah mereka buat dan tanggung jawab yang mereka emban sebagai suami dan istri.
ADVERTISEMENT
Meskipun cincin perkawinan adalah simbol universal, setiap budaya memiliki cara unik dalam memaknai simbol ini. Di beberapa budaya, cincin dipakai di jari manis tangan kiri karena diyakini ada pembuluh darah yang langsung terhubung ke jantung, yang disebut "vena amoris" atau "vena cinta."
Bisa disimpulkan bahwa cincin perkawinan adalah simbol yang sangat kuat dan penuh makna dalam pernikahan. Makna simbol cincin dalam perkawinan bukan hanya perhiasan, tetapi sebuah lambang cinta, kesetiaan, dan komitmen yang mendalam antara dua individu yang memutuskan untuk menjalani hidup bersama. (DNR)