Fungsi dan Peran Kerja Sama ASEAN dalam Bidang Pendidikan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
18 Februari 2024 19:22 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tuliskan fungsi dan peran kerjasama ASEAN dalam bidang pendidikan. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Tima Miroshnichenko
zoom-in-whitePerbesar
Tuliskan fungsi dan peran kerjasama ASEAN dalam bidang pendidikan. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Tima Miroshnichenko
ADVERTISEMENT
Pendidikan memiliki peran penting dalam membangun masa depan yang berkelanjutan bagi masyarakat ASEAN. Sebagai bagian dari masyarakat, tentunya harus bisa tuliskan fungsi dan peran kerjasama ASEAN dalam bidang Pendidikan.
ADVERTISEMENT
Fungsi yang penting dan peran yang diperlukan untuk memajukan sektor pendidikan itu telah disepakati negara-negara ASEAN melalui kerja sama regional. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh Kawasan ASEAN.

Tuliskan Fungsi dan Peran Kerja Sama ASEAN dalam Bidang Pendidikan

Tuliskan fungsi dan peran kerjasama ASEAN dalam bidang pendidikan. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Thirdman
Tuliskan fungsi dan peran kerjasama ASEAN dalam bidang pendidikan! Mengutip dari buku Organisasi Internasional: Menyelisik Jejak Aksi dan Partisipasi NKRI, Iga Zidan Fatahillah, dkk, (2020), ASEAN memiliki fungsi untuk meningkatkan sumber daya manusia melalui bidang pendidikan dengan memperkuat kerjasama dengan negara-negara di lingkungan ASEAN.
Selain itu, ada fungsi serta peran lainnya dalam bidang pendidikan. Inilah beberapa di antaranya.

1. Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Kerja sama ASEAN berfungsi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kawasan Asia Tenggara. Hal ini dilakukan dengan berbagai cara, seperti:
ADVERTISEMENT

2. Meningkatkan Daya Saing

Kerja sama ASEAN dalam bidang pendidikan juga berfungsi untuk meningkatkan daya saing negara-negara ASEAN di kancah internasional. Hal ini dilakukan dengan:

3. Memperkuat Persatuan dan Kesatuan

Kerja sama ASEAN dalam bidang pendidikan juga berfungsi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan antar negara-negara ASEAN. Hal ini dilakukan dengan:
ADVERTISEMENT

4. Membangun Masyarakat ASEAN yang Sejahtera

Kerja sama ASEAN dalam bidang pendidikan berfungsi untuk membangun masyarakat ASEAN yang sejahtera. Hal ini dilakukan dengan:
Itulah jawaban jika diminta tuliskan fungsi dan peran kerjasama ASEAN dalam bidang pendidikan. Kerja sama ASEAN dalam bidang pendidikan memiliki peran penting dalam memajukan kesejahteraan masyarakat ASEAN secara keseluruhan. (RIZ)
ADVERTISEMENT