Fungsi serta Nama Organ Gerak Kambing, Ikan, Katak, Burung dan Ular

Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
15 Juli 2022 17:03
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Nama Organ Gerak Kambing Sumber www.pixabay.com
ADVERTISEMENT
Apa fungsi dan nama organ gerak kambing, ikan, katak, burung, dan ular? Kita tidak hidup sendiri di dunia ini, melainkan berdampingan dengan sesama makhluk hidup lainnya. Tentu menarik untuk mengetahui struktur tubuh hewan yang ada di sekitar kita.
ADVERTISEMENT
Hewan termasuk makhluk hidup yang dapat bergerak seperti manusia. Hewan memiliki organ gerak yang berbeda satu sama lain. Hal tersebut berdasarkan jenis dan lingkungan sebagai tempat tinggal hewan.
Lalu, apa saja organ gerak ular dan fungsinya? Bagaimana dengan organ gerak lainnya seperti kambing, ikan, katak, dan burung? Berikut penjelasannya.

Pengertian Organ Gerak

Ilustrasi kambing berlari menggunakan organ gerak. Foto: Pixabay
Sesuai dengan namanya, organ gerak merupakan organ yang berfungsi untuk menggerakkan anggota tubuh, sehingga bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Misalnya berjalan, berlari, melompat, berenang, dan sebagainya.
Mengutip buku Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar oleh Muthmainnah, S.Si. dk., organ gerak pada manusia dan hewan terbagi menjadi dua jenis, yaitu organ gerak aktif yang terdiri dari otot dan organ gerak pasif yang terdiri dari tulang.
ADVERTISEMENT
Otot dikategorikan sebagai alat gerak aktif karena mampu berkontraksi, relaksasi, hingga menggerakkan sesuatu. Otot juga memiliki kemampuan elastisitas yang memungkinkannya kembali ke ukuran semula. Dengan adanya otot, tubuh dapat bergerak dengan bebas.
Di sisi lain, tulang disebut sebagai alat gerak pasif karena perannya yang tidak seaktif otot dalam terwujudnya sebuah gerakan. Untuk bisa bergerak, tulang tetap membutuhkan bantuan otot. Itu sebabnya kebanyakan otot, khususnya otot rangka, menempel pada tulang.
Selain menjadi tempat melekatnya otot, tulang juga berfungsi untuk menyokong tubuh, melindungi organ vital, serta menjadi lokasi pembentukan sel darah merah.

Nama Organ Gerak Kambing, Ikan, Katak, Burung dan Ular

Ilustrasi Nama Organ Gerak Kambing dan Ikan Foto:Pixabay
Simak fungsi dan nama organ gerak kambing, ikan, katak, burung, dan ular berikut ini,
ADVERTISEMENT

Organ Gerak Kambing

Organ Gerak Ikan

Fungsi dan Nama Organ Gerak Kambing dan Katak Foto:Pixabay

Organ Gerak Katak

ADVERTISEMENT

Organ Gerak Burung

Organ Gerak Ular

Mengenal fungsi dan nama organ gerak kambing, ikan, katak, burung, dan ular, akan mendorong kepedulian kita terhadap hewan sebagai sesama mahluk hidup.(DK)