Gerakan dan Pola Lantai Tari Manuk Dadali Asal Jawa Barat

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
28 November 2021 9:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pola tari Manuk Dadali dari Jawa Barat. Sumber: Kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pola tari Manuk Dadali dari Jawa Barat. Sumber: Kumparan
ADVERTISEMENT
Tari Manuk Dadali merupakan salah satu warisan seni tari dari Jawa Barat yang dikembangkan dari lagu daerah dengan nama serupa. Adapun makna dari tarian kreasi tersebut ialah menggambarkan tentang sifat kesatria yang ada dalam sosok manuk dadali atau garuda pancasila yang menjadi lambang negara Indonesia. Untuk dapat semakin memahami tarian tersebut, mari kita ulasan makna gerakan dan pola lantai tari Manuk Dadali asal Jawa Barat melalui artikel berikut ini:
ADVERTISEMENT
Tari Manuk Dadali dikenal sebagai tari kreasi yang mengandung pesan patriotisme dan nasionalisme bagi rakyat Indonesia, khususnya bagi rakyat Jawa Barat. Adapun pesan tersebut dapat ditujukan agar seluruh masyarakat Indonesia bisa senantiasa menjadi sosok kesatria selayaknya burung garuda yang gagah, berani, kuat, pantang menyerah serta rela berkorban bagi orang lain dan nusa bangsa Indonesia.

Filosofi Gerakan dan Pola Lantai Tari Manuk Dadali

Mengutip dari buku Kreatif Tematik Tema 9 Benda-benda di Sekitar Kita Kelas V untuk SD/MI (2020), tari manuk dadali merupakan pengembangan seni dari lagu daerah Manuk Dadali, itu sebabnya saat mementaskan tarian tradisional tersebut maka lagu Manuk Dadali itu pulalah yang akan menjadi lagu atau musik pengiringnya.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tari manuk dadali menyiratkan gambaran tentang sosok burung garuda selaku lambang NKRI. Oleh karena itu secara umum gerakan tarian tersebut menyiratkan ajakan untuk mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila ke dalam keseharian masyarakat Indonesia.
Ilustrasi pola tari Manuk Dadali dari Jawa Barat. Sumber: Kumparan
Sebagai bagian dari tari kreasi tradisional, maka tarian manuk dadali juga memiliki pola gerakan tertentu karena gerakannya dinamis dan tidak menetap di satu titik saja. Dikutip dari buku Saya Ingin Terampil Kreatif dan Terampil, Edy Purwanto (2007: 41), pola lantai tari manuk dadali dapat diartikan sebagai pola garis yang menjadi jalur atau lintasan penari saat melakukan pentas.
ADVERTISEMENT
Mengingat gerakan tari asal Jawa Barat tersebut diiringi oleh lagu yang bertempo sedang atau cepat, maka gerakan penarinya juga dinamis dan kerap berpindah-pindah posisi. Biasanya pola lantai tari manuk dadali disesuaikan dengan jumlah penari yang dipentaskan. Oleh karena itu pola tariannya bisa berupa garis lurus ataupun zig-zag untuk bentuk tarian berkelompok. Sedangkan yang dibawakan secara tunggal bisa berupa pola lurus, zig-zag atau melengkung.
Demikianlah ulasan singkat tentang gerakan dan pola lantai tari Manuk Dadali asal Jawa Barat yang menarik untuk diketahui guna meningkatkan wawasan kita terkait budaya nusantara. (HAI)