Hitung-hitungan Kalori Nastar 1 Biji dan Kebutuhan Kalori Manusia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
11 April 2024 17:37 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Hitung-hitungan Kalori Nastar 1 Biji. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Melissa Walker Horn
zoom-in-whitePerbesar
Hitung-hitungan Kalori Nastar 1 Biji. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Melissa Walker Horn
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kue Nastar merupakan salah satu jenis kue kering yang banyak ditemukan pada saat momen spesial, khususnya adalah Hari Raya Idulfitri. Jika berbicara mengenai kue ini, pasti banyak yang bertanya berapa kalori nastar 1 biji.
ADVERTISEMENT
Memperhitungkan kalori yang masuk sangat penting, terutama bagi orang yang sedang menjalankan pola hidup sehat. Kalori yang masuk juga harus diperhatikan bagi orang yang sedang program diet, karena kebanyakan kalori tidak baik.

Hitung-hitungan Kalori Nastar 1 Biji

Hitung-hitungan Kalori Nastar 1 Biji. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Julien Pianetti
Salah satu alasan mengapa penting mengetahui kalori nastar 1 biji, karena pada saat Lebaran, terkadang porsi makan tidak bisa terkontrol. Hal tersebut karena pada saat lebaran ada banyak makanan yang disajikan.
Dikutip dari buku Nastar dan Variasi Kue Kering Isi Selai, Indriani, (2013), kue nastar biasanya terbuat dari adonan tepung terigu, mentega, dan juga telur. Kemudian diisi dengan selai nanas.
Adonan tersebut membuat nastar memiliki rasa yang unik dan gurih. Sehingga banyak yang menyukai kue ini. Dalam bahasa Inggris, nastar ini sering disebut pineapple tarts atau pineapple nastar roll.
ADVERTISEMENT
Lalu, dalam 1 biji kue nastar kira-kira kalorinya berapa? Perhitungan kalori nastar tergantung pada resep dan ukurannya. Rata-rata satu biji nastar dengan diameter 4 cm mengandung sekitar 70-80 kalori.
Kalori tersebut berdasarkan perkiraan terdiri dari 30-40 kalori dari kulit nastar yang terbuat dari campuran tepung, mentega, gula dan telur. Sementara 30-40 kalori lainnya berasal dari selain nanas yang ada di dalamnya.
Kebutuhan kalori manusia sendiri berbeda-beda karena ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Misalnya adalah faktor usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan.
Akan tetapi, secara umum, rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 1.800-2.200 kalori per hari. Jika mengacu pada kebutuhan kalori harian rata-rata, maka mengonsumsi satu kue nastar tidak akan berdampak signifikan terhadap kebutuhan kalori harian.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, sebenarnya tidak ada masalah mengonsumsi nastar dalam jumlah yang wajar. Namun, tidak boleh mengonsumsi dalam jumlah yang besar karena nastar termasuk makanan yang tinggi kalori dan lemak.
Mengonsumsinya secara berlebihan tentunya akan memberikan beberapa dampak negatif untuk tubuh. Salah satunya adalah menyebabkan kenaikan berat badan dan akan membuat program diet jadi gagal.
Pada saat Lebaran, nanti sebaiknya mengonsumsi nastar 1-3 biji saja dalam satu harinya. Jangan jadikan kue nastar ini sebagai camilan utama dan seimbangkan dengan makanan lainnya, seperti sayur dan buah.
Demikian adalah hitung-hitungan kalori nastar 1 biji dan kebutuhan kalori harian manusia. Menghitung kalori nastar membantu untuk menikmatinya tetapi tetap menjaga pola makan yang sehat. (WWN)
ADVERTISEMENT