Hubungan antara Katak dan Rumput dalam Lingkungan Hidup

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
16 Januari 2023 19:06 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Hubungan antara Katak dan Rumput. Foto: dok. Crystal McClernon (Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Hubungan antara Katak dan Rumput. Foto: dok. Crystal McClernon (Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Setiap makhluk hidup yang ada di muka bumi ini tentu memiliki hubungan antara satu makhluk dengan makhluk yang lainnya, baik itu menguntungkan atau tidak. Hal ini juga dialami oleh katak dan rumput. Untuk mengetahui hubungan atau simbiosis yang terjadi antara katak dan rumput, mari kita simak jawaban dari pertanyaan “sebutkan apa hubungan antara katak dan rumput” dalam ulasan berikut.
ADVERTISEMENT

Hubungan antara Katak dan Rumput dalam Materi Simbiosis Makhluk Hidup

Ilustrasi Katak dan Rumput, Foto: Dok. Unsplash
Sebagai upaya mempertahankan hidup, setiap makhluk hidup baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan tentu perlu menjalin hubungan atau interaksi. Hubungan atau interaksi yang dilakukan antara dua makhluk hidup atau organisme biologis yang berbeda dikenal dengan sebutan simbiosis. Pemaparan lebih lengkap mengenai definisi simbiosis tertulis dalam buku Modul USBN SD/MI Tahun 2019 yang disusun oleh Usman Jayadi (2019: 194).
Dikutip dari buku tersebut bahwa simbiosis adalah hubungan erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis. Hubungan antar makhluk hidup (simbiosis) terdiri dari 3 macam, yaitu:
Ilustrasi Hubungan antara Katak dan Rumput. Foto: dok. Ando Shev (Unsplash.com)
Berdasarkan pemaparan tersebut, kita dapat mengetahui bahwa terdapat berbagai makhluk hidup yang memiliki simbiosis yang berbeda-beda, termasuk katak dan rumput. Hubungan antara katak dan rumput adalah simbiosis komensalisme. Hal ini karena interaksi yang terjadi antara katak dengan rumput dapat menguntungkan katak namun tidak merugikan rumput.
ADVERTISEMENT
Katak menggunakan rumput sebagai tempat berlindung dari kondisi lingkungan yang kurang menguntungkan, sedangkan kehadiran katak tidak akan mempengaruhi atau bahkan merugikan kelangsungan hidup rumput.
Demikian pembahasan mengenai hubungan antara katak dan rumput dalam lingkungan hidup. Selain katak dan rumput, tentunya masih banyak lagi organisme lainnya yang menjalin simbiosis untuk mempertahankan hidupnya. Simbiosis apa yang dapat Anda temukan di sekitar Anda? (DAP)