Inspirasi Makanan Setelah Lebaran yang Manis untuk Disantap

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
27 April 2022 17:04 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Makanan Setelah Lebaran. (Foto: shirleysavitri by https://pixabay.com/id/)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Makanan Setelah Lebaran. (Foto: shirleysavitri by https://pixabay.com/id/)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ketika hari raya Idul Fitri datang, kegiatan kumpul-kumpul keluarga, baju baru, bagi-bagi tunjangan hari raya (THR) ke keponakan, dan saling bermaaf-maafan menjadi tradisi yang tidak boleh terlewatkan. Salah satu kegiatan yang juga paling diingat adalah sajian makanan Lebaran yang beraneka rasa, mulai dari yang manis hingga yang gurih-gurih asin. Ya, terdapat banyak menu makanan khas hari Lebaran yang muncul dan sangat lezat jika disantap bersama setelah sholat Idul Fitri. Hidangan makanan di hari Lebaran bahkan selalu berhasil membuat suasana keluarga jauh lebih hangat dan ceria. Nah, artikel kali ini akan merangkum inspirasi makanan setelah Lebaran yang patut untuk dihidangkan.
ADVERTISEMENT

Inspirasi Makanan Lebaran

Ilustrasi Makanan Setelah Lebaran. (Foto: Luckyhand2010 by https://pixabay.com/id/)
Kegiatan makan-makan setelah Lebaran setiap keluarga umumnya berbeda-beda, tergantung budaya dan daerah tertentu. Berikut adalah inspirasi menu makanan setelah Lebaran yang manis dikutip dari buku Selayang Pandang Kuliner Indonesia yang ditulis oleh Tuti Soenardi:

1. Kastengel

Kastengel dapat menjadi salah satu cemilan pilihan bagi pecinta keju. Kastengel merupakan kue kering yang memiliki adonan utama berupa terigu, telur, margarin, dan parutan keju.

2. Kue Nastar

Kue nastar menjadi idola saat Lebaran karena teksturnya yang lembut dan manis ketika dikunyah. Seringkali kita tidak sadar telah menghabiskan nastar dalam satu toples. Pada dasarnya kue nastar terbuat dari bahan-bahan seperti telur mentega, terigu, mentega, tepung yang diberi selai nanas, namun juga ada resep nastar dengan selai buah lain seperti stroberi, srikaya, blueberry dan lainnya.
ADVERTISEMENT

3. Kue putri salju

Kue yang satu ini merupakan kue yang manis karena kue kering ini ditaburi dengan gula putih seperti salju. Selain manis kue salju lumer di mulut sehingga kue ini menjadi salah satu menu primadona setelah Lebaran. Kue salju ini sangat mudah untuk dibuat. kue salju dapat dibuat dengan oven ataupun dengan oven. Selain itu kue salju juga dapat dikreasikan seperti kue salju red velvet yang berwarna merah sehingga menambah keceriaan Lebaran anda.

4. Kembang Goyang

Kembang Goyang merupakan salah satu cemilan manis yang tampilannya cantik seperti bunga. Cemilan manis-gurih ini terbuat dari tepung beras, gula pasir, telur, dan santan. Adonan tersebut nantinya digoreng dengan cetakan bunga khusus dari alumunium.
Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satu menu makanan setelah Lebaran yang manis di atas? Selamat berkreasi di dapur! (CHL)
ADVERTISEMENT