Istilah Regu di Dalam Pramuka, Referensi Nama, dan Cara Menjaga Kekompakan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
24 Mei 2024 18:54 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Regu di Dalam Pramuka Adalah. Sumber: Unsplash/Mochammad Hafidz
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Regu di Dalam Pramuka Adalah. Sumber: Unsplash/Mochammad Hafidz
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pramuka adalah organisasi nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan. Pramuka memiliki sejumlah tingkat. Tingkatan seperti Penggalang terdiri dari kelompok-kelompok kecil yang disebut sebagai regu. Regu di dalam Pramuka adalah?
ADVERTISEMENT
Regu merupakan satuan terkecil. Setiap regu baik putra dan putri akan memiliki namanya masing-masing.

Regu di Dalam Pramuka Adalah Satuan Terkecil dan Referensi Nama untuk Regu

Ilustrasi Regu di Dalam Pramuka Adalah. Sumber: Unsplash/Septian Akbar
Dikutip dari buku Pelita Generasi: Pemikiran dan Pengalaman Pembina Pramuka (Antologi Artikel Pembina Pramuka Kwarran Maniangpajo), Jamal, et al (2023), Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana dan merupakan organisasi atau gerakan kepanduan.
Anggota Pramuka nantinya akan dikelompokkan berdasarkan usia. Kelompok yang berdasarkan usia ini disebut dengan tingkatan Kepramukaan. Tingkatannya adalah Pramuka Siaga (7 sampai 10 tahun), Pramuka Penggalang (11 sampai 15 tahun), Pramuka Penegak (16 sampai 20 tahun), dan Pramuka Pandega (21 sampai 25 tahun).
Setiap anggota Pramuka akan dikelompokkan lagi ke dalam satuan kecil yang disebut sebagai regu. Regu di dalam Pramuka adalah satuan terkecil yang ada di Pramuka. Regu biasanya terdiri dari delapan orang anggota Pramuka.
ADVERTISEMENT
Setiap regu akan memiliki namanya masing-masing. Biasanya nama regu putra berasal dari hewan. Sementara regu putri berasal dari nama bunga. Berikut beberapa referensi nama untuk regu Pramuka.

1. Referensi Nama Regu Putra

2. Referensi Nama Regu Putri

Cara Menjaga Kekompakan Regu Pramuka

Ilustrasi Regu di Dalam Pramuka Adalah. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun
Setiap anggota regu Pramuka harus saling menjaga kekompakkan. Hal itu karena setiap kegiatan akan dilakukan bersama dengan regu. Bagaimana cara menjaga kekompakkan regu?
ADVERTISEMENT
Regu di dalam Pramuka adalah satuan terkecil yang terdiri dari sekitar 8 anggota. Setiap regu memiliki namanya masing-masing. Regu putra bernama hewan, sementara regu putri bernama bunga. (FAR)